Sebuah Nasehat di Kisah Tanggal Tua

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi

www.funnyjunk.com - kasian si tanggal tua
Cerita tentang tanggal tua seperti tidak mau pergi begitu saja dari narasi hidup sederhana saya. Mulai waktu lajang hingga berkeluarga dan memiliki seorang anak. Cerita-cerita itu hampir mirip dengan kebanyakan sinetron Indonesia, membosankan dengan konflik yang sama, dan sudah barang tentu tidak punya ujung.

Ini adalah cerita soal tanggal tua, tanggal dimana uang di saku hanya menyisakan uang recehan dan beberapa lembar uang ribuan yang nampak lusuh, ada juga yang bilang tanggal tua adalah tanggal dimana dompet bermetamorfosa menjadi kopyah, eh. Apapun itu, tanggal tua adalah tanggal yang populer. Satu hal soal tanggal tua, saya belum mendengar alasan lain yang membuat dia tua selain karena UANG.

Jadi kalau gajiannya tanggal 1, tanggal belasan itu berarti tanggal remaja, tanggal diatas 20 itu artinya tanggal tua. Tapi kalau gajiannya tanggal 11, tanggal tuanya tanggal 1 bulan depan kan? Skip.

Dulu, waktu saya masih kuliah - kebetulan kuliahnya jauh sekali dari rumah, sampai harus berpindah pulau - setiap tanggal tua, menu makan sehari-hari pasti didominasi oleh tempe dan tahu. Entah kenapa, anak kandung dari Pak Kedelai itu selalu saja menawarkan harga yang jauh lebih murah dari lauk-pauk lainnya. Sebut saja tempe penyet yang lebih murah dari telur atau ayam penyet, dan nasi goreng spesial itu pake telor, bukan pake tempe.
www.herworldplus.com - jangan dibayangkan seperti ini
Tanggal tua juga berdampak buruk pada tingkat kegaulan pada masa itu, dimana kuota internet yang mulai habis serta kecepatan aksesnya yang juga menurun, Efeknya pun merambat kemana-mana, blogwalking jarang, jatah main game online berkurang, streaming youtube lebih parah lagi, ditinggal, ah.

Bukan hanya sampai disitu, setelah bekerja, menikah dan punya anak, cerita tentang tanggal tua masih setia muncul dengan tema yang sama. Mungkin dengan sedikit perbedaan, tanggal tuanya hanya berlaku untuk saya dan istri, kalau Ibrahim, masih kecil jadi jangan kenalan sama tanggal tua dulu.

Dipikir-pikir, disitulah letak indahnya hidup, masa-masa pahit seperti itu yang sekarang justru menjadi pemanis dan motivasi untuk menjadi lebih baik, buat saya pribadi. Kenangan-kenangan soal tanggal tua pun menjadi kenangan yang selalu manis jika dibicarakan atau sekedar dilamunkan.

Di tanggal tua ada kenangan yang jauh lebih manis daripada kekurangan uang. Disitu ada kenangan manis dari hal-hal pahit, ada cerita yang bisa diturunkan seperti dongeng buat anak cucu kelak. Ada pula hal-hal yang membentuk kita lebih manusiawi, tolong menolong. Ah, saya ingat ketika satu kos hampir kehabisan uang, kita patungan beli mie instan, masak nasi sendiri dan 'mencuri' daun pisang tetangga untuk dijadikan wadah makan super besar bersama-sama.

Pernah juga ketika saya sudah berkeluarga, waktu itu kami baru beberapa bulan menikah. Membeli beberapa perabotan penting untuk tempat tinggal memaksa kami untuk mengurangi jatah foya-foya. Hampir jarang kami jajan diluar rumah. Namun pada akhirnya, disitulah untuk pertama kalinya saya tahu soal belanja dengan kartu debet. Uang di ATM yang sisa sekitar 50 ribu, nekat saya bawa untuk beli jajanan di swalayan dekat tempat tinggal kami, sementara istri duduk menunggu hasilnya di rumah. Dan selang beberapa menit kemudian, istri cuma senyum-senyum senang melihat saya membawa pulang bungkusan jajan.

Tapi sekarang bisa kok bikin pasangan senyum-senyum di tanggal tua, apalagi setiap saat. Soalnya sekarang ada promo super dari MatahariMall.com, tahu kan si Budi anak polos yang kemana-mana sering jalan bareng sama Ani? Sekarang makin eksis karena jadi aktor iklan, eh.

Comments

  1. wasik..ikutan juga, biar pada rame si budi jadi tenar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sumpeh ane lihat di dashboard blog isinya soal tanggal tua semua, hahaha

      Delete
  2. Selalu ada kesempatan di balik kesempitan

    ReplyDelete
  3. Aku gajian tanggal 1, tanggal 10 ajah sudah berasa tua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gawat kalau begitu, tanggal 20 berasa udah sepuh

      Delete
  4. TAnggal tua nggak mendera anak kost-an aja ternyata ya :' tapi orang yang udah berkeluarga juga :' *TANGGAL TUA JAHAT* kkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh eh, tanggal tua dimaki-maki, nanti dipanggilin tanggal sepuh lho

      Delete
  5. say baru saja kemarin tgl 20 gajian eh g terasa udah abis kaya masih tanggal tua :)

    ReplyDelete
  6. cerita tentang tanggal tua emang gak ada habisnya buat diomongin gan,,,
    salam kenal ya gan,,,sukses buat kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya terimakasih, ibu ngalah aja ya dikontesnya, biar ane yang menang, eh

      Delete
  7. gue gajiannya tanggal tua her... makanya saya tidak ikutan kontes ini...
    halah... alasan :)

    wah, kirain elu belom nikah Her.... hehehe...
    betul2, pasangan muda itu biasanya ya beli2 perabot rumah tangga...
    ya sama kayak saya.. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah nikah lah bang, iya, sama bang, 25 tahun yang lalu kan?

      Delete
  8. Kalau ultahnya tanggal tua bisa jadi alasan ga traktir teman2. Hehehe...

    ReplyDelete
  9. Itu pas beli parabotan
    Kok mw y prabotannya dibeli?
    Jual diri tuh prabotannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, perabotan ane nggak jual diri, ane belinya pake ijab qabul, jangan samain ane dengan ente, hahaha

      Delete

Post a Comment

Komentar kamu apa?