Bedanya Berhutang dan Memberi Hutang

Sumber dari freepik.com
Pernah tidak waktu ada teman bertamu ke rumah tapi tiba-tiba ada suara entah dari mana yang bilang, "kampret, ni orang datang lagi. Pasti mau pinjam uang lagi.". Kalian pasti bingung, itu suara datang darimana, eh.

Berbahagialah buat kalian yang suka sekali memberikan pinjaman buat teman, sahabat, saudara atau kepada siapapun. Asal jangan ada kucing mau minta makan tapi malah kalian pinjamkan uang buat beli nasi rawon di warung ya, itu namanya KORUPTOR, eh salah lagi. Memberikan pinjaman itu banyak manfaatnya, selain memberikan kesempatan hidup buat si penghutang, yang mungkin sudah kepepet sekali sehingga berhutang, memberikan pinjaman pun banyak pahalanya.

Berdasarkan hadits sahih, memberikan pinjaman itu lebih besar pahalanya daripada bersedekah, kalau bersedekah pahalanya 10, memberi pinjaman pahalanya 18. Tuh kan, bedanya besar sekali. Tapi dengan syarat, jangan paksa orang lain untuk menerima pinjaman dari kamu. Nanti ada orang enak-enak nongkrong di warung kamu paksa pinjam buat beli kopi, padahal dia punya uang tuh, kan lucu, lucu kan?.

Baca Juga : Bercocok Tanam Semangka di Pekarangan Rumah

Selain itu, ada berita gembira lainnya, berdasarkan hadits sahih juga nih. Allah akan memberikan naungan-Nya kelak di hari kiamat, dimana tidak ada naungan lain selain naungan-Nya Allah, kepada orang yang menangguhkan pinjamannya ke si peminjam, atau bahkan membebaskan hutang-hutangnya. Besok-besok ada gerakan massal, Ayo Beri Hutang.

TAPI, itu bukan berarti kalian-kalian yang suka minjam uang jadi lompat-lompat bersorak bergembira sambil jungkir balik di kolong mobil lho. Kabar gembira itu buat yang memberi pinjaman, buat yang meminjam, berat masalahnya.

Orang yang meminjam harus punya niat untuk mengembalikan pinjamannya, bukan sekedar mau mengembalikan tapi tidak berusaha, ada uang tapi membayarnya ditunda-tunda. Jiwa seorang mukmin akan terus menggantung sampai hutang-hutangnya lunas. Pantas saja, saya merasa terbang terus, eh ketahuan.

Tahukan, kalau hutang adalah salah satu penghalang kita menuju surga. Jadi sebisa mungkin, segera lunasi hutang, karena umur tidak ada yang tahu, jangan ditunda-tunda lagi. Allah sudah berkata, kalau kita punya niat untuk membayar hutang, maka Allah akan melunaskan hutang tersebut, tapi jika kita menghindar, maka Allah akan habiskan harta kita.

Oh iya, yang memberi hutang jangan suka hitung-hitungan dengan bunga ya. Kalau mau berhutang, komentar dulu biar afdol, eh.

CMIIW.

Comments

  1. bener, hutang dibawa sampai mati, kalo di dunia belum lunas, di akhirat akan ditagih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udah enak-enak mau masuk pintu surga, eh ada yang nagih utang, kalau ketahuan sama malaikat kan gawat, disuruh balik ke persidangan lagi, eh

      Delete
  2. hmmmm hayo siapa yg merasa punya utang, siuplug mau nagih2 nie,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, tapi sebelum teriak-teriak, utang bang puput aja yang dibayar duluan

      Delete
  3. saya ada utang komen nggak kirakira bang? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, mulai postingan pertama sampai post-post selanjutnya ya

      Delete
  4. klo saya ya gan,,,, sebisa mungkin jgn smpe ngutanglah,,, tengsiiiiinnnnn,,,,,hehehheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti tengsin kalo lagi ngegosip, tiba-tiba datang ibu-ibu lain nagih utang, padahal lagi ngegosipin orang suka utang, eh

      Delete
  5. kalau bisa menahan diri ya daripada berhutang, umur gak tahu sampai kapan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kasihan juga kalo anak cucu menanggung hutang kita

      Delete
  6. Y udah abang mw minjem duit g dari saya? Tapi pake duit abang dulu y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh, nanti nyaurnya pake duit kamu aja ya bang, gimana? deal?

      Delete
  7. Hmm.. Kalo aku sih ya, minjemin duit paling ke temen atau org2 trdekat dan trpercaya aja. Dan ditempat kerjaan tmen2ku malah pada kasbon sama aku mulu._. Tp gapapa sih, nnti abis bulan jd panen bnyak aku. Wahaha.

    Kalo ngutang.. Eumm.. Aku biasanya sering ngutang gorengan ama ngutang di kantin sih. Sering banget. Abis asal mau bayar langsung pada blgnya "Udah, bayarnya nanti ajaa" Yaudah aku bayarnya nanti.... Tahun depan. E gak deng. Paling bskannya udh bayar, biar utang gak numpuk. Ato skalian ngutang ntr gajian bru bayar. Wakaka #krisistanggaltua

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar waktu udah gajian, eh habis, buat bayar gorengan, eh

      iya tanggal tua, dua hari lagi

      Delete
  8. Gue sering bang minjemin uang. Tapi sekarang ini udah gak percaya sma org yg belaga baik pas butuhnya doang. Janjinya kapan dibalikin.. Sampe sekarang belom dibalikin juga. Kan bete.

    Jadi curhat. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikhlasin aja bang, kalau blm diikhlasin, mending ditagih aja, nanti nagihnya sama ane, fifty fifty ya, eh

      Delete
    2. ini siapa ya kok tau panggilan ane?

      Delete
  9. Ih ngeri juga ya kalau hutang sampai tidak lunas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, makanya cepet dilunasin ya utangnya kalo ada

      Delete
  10. Aku sih suka-suka aja memberi hutang kepada orang ._. cuma kadang suka nggak sukanya kalau nggak ngembaliin dan harus nagih -_- seriusan deh, kalau nagih orang yang hutang itu nggak enak. Tapi kalau nggak ditagih, kita kan butuh uangnya juga kadang :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilema ya bang kalo gitu, kalo pas lagi butuh itu yang bingung, yang pinjam antara ga peka sama memang ga ada duit buat balikin

      Delete
  11. Replies
    1. pake jasa freelance deptcollector aja bang, eh ada ya?

      Delete
  12. kalau utang trus lupa gimana trusan, yg ngutangin juga bodo amat.. kan berabe ni sam

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?