Jalan Beraspal Versus Air Hujan

Jalan Soka ambrol (JIBI/Harian Jogja/Dinda Leo Listy)
sumber dari harianjogja.com
Buat kalian yang seringkali berjumpa dengan jalanan, pasti hapal dengan kondisi jalanan saat musim penghujan seperti ini. Jalan yang dulu halus dan mulus tiba-tiba berubah bentuk ketika memasuki musim penghujan, tidak tanggung-tanggung, dia berubah jadi satria baja hitam, eh, mana serius juga. Maksud saya jalanan aspal yang licin itu menjadi penuh lubang.

Uniknya lagi, meskipun ada titik yang berlubang, daerah sekitarnya belum tentu rusak juga, malah terkadang masih terlihat mulus semulus jalanan yang baru diaspal mulus semulus-mulusnya. Saya yakin ada yang bertanya-tanya dalam hati dan enggan untuk mengutarakannya di depan kelas memasak. Ampun ya, paragraf ini, terlalu.

Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi saya kasih tahu saja karena pasti ada juga yang belum tahu jadi nantinya biar kita sama-sama tahu. Jadi begini, aspal itu paling benci sama air, entah apa yang terjadi di kehidupan sebelumnya. Kalau air dan minyak itu adalah dua hal yang susah disatukan, nah, air dan aspal itu seperti senior yang terus-terusan mem-bully juniornya, sampai-sampai si aspal lemah tak berdaya.

Tapi bukan aspal saja kok, lah? karena air itu air. Air adalah suatu zat yang punya sifat melarutkan, tahu kan kalau batu yang keras pun bisa hancur oleh tetesan air hujan?

Pada konstruksi jalan, aspal tidak ada bedanya dengan semen pada dinding rumah kita. Seperti halnya semen yang menjadi perekat antara pasir dan batu bata ataupun material bangunan lainnya, aspal juga berfungsi untuk merekatkan material-material lain sebagai bahan-bahan pembentuk jalanan. Karena terus menerus terkena air hujan, beberapa bagian menjadi berkurang daya rekatnya, dan ketika kendaraan melintasi jalanan tersebut, maka rusaklah beberapa titik.

Tidak berhenti sampai disitu, bagian yang rusak biasanya terlihat susah mengering ketika hujan surut. Kendaraan yang terus saja berlalu lalang menyebabkan kerusakan yang parah terjadi lebih cepat dibandingkan bagian jalan lain yang belum terlalu parah kerusakannya, dan pada akhirnya membuat lubang semakin besar.

Karena ini musim penghujan dan banyak jalan yang rusak, selalu berhati-hati di jalan. Terutama waktu hujan turun, jalan yang rusak susah untuk dilihat karena adanya genangan air.

Comments

  1. makanya bilangin sama si ujan
    kalo turun ke jalan aspal disuruh minggir
    kan lumayanoh benerin aspal yg bolong2
    belom beli bahannya belom bayar kontraktornya
    bayangin coba
    engga ngerti banget perasaan orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ane bilangin kok bang, tapi ujannya bilang lagi, makanya kalo ujan ga usah kemana-mana, tuh, malah ane yg dimarahin sama ujan

      Delete
  2. hahahaa.. itu koment sama jawabanya malah bikin ketawa.

    duuh parah bener tuh jalan.
    iya juga sih kalo musim hujan aspal yang tadinya mulus tau tau ada yang berlubang bahkan hancur.
    kalo gitu mending di kasih atap kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini nih ini nih, ide cemmmerlaaaang, kasih atap gitu ya bang, ini nih, ntar yang garap ente ya bang?

      Delete
  3. Di jalan raya dket rmhku gak ada ujan aja pada bolong2, udah bertaun2 jg kaga dibener2in. Haha :'D
    Iya kalo aspal mah kena aer cepet banget rusak yah.. Mkanya skrg lebih bnyak pake beton. Tp beton serem jg, kalo siang silaunya ampuundaaahh banget. Kalo ujan ya licinnya licin buaangeet...
    Serba salah yah._.

    Yah, kasian bgt ya si aspal dibully sama si ujan:( Mending di skors aja si ujannya, kalo perlu di DO, atas dasar kekerasan dan pembullyan trhdp juniornnya.
    Emm.. Ngmong apaan sih aku brusan yak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nasibnya, jalan tempat ane rusak dah lama juga. kalo diskors mah jangan, ntar kalo ga hujan2 malah kekeringan, kalo kata orang jaman dulu, hujan itu bawa rezeki.

      kalo solusi ane sih, bikin jalan, aspalnya jangan nanggung, kualitas yg bagus sekalian, plus dijalan jangan asal kasih izin truk2 besar lewat, harus ada batas maksimum bebannya, sekarang kan sering dilanggar tuh

      Delete
  4. eaaaaa jadi aspal junior nie, kalo naek kelas jadi air dong, dan bakal buli aspal selanjutnya... terus.. dan terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih, mutasi gitu ye bang, dari aspal jadi air, ntar abis itu jadi bom nuklir, huahuahua

      Delete
    2. astaga bom nuklir... wakakka itu mutasi level Dragon Ball, gak ikut2an ane ah

      Delete
    3. tetep aja bang, bakal kena, bom nuklirnya satu truk

      Delete
  5. Semoga para pemerintah cepat memperbaiki aspal yang rusak, ya. Gue pernah jatuh nih masuk lubang gitu. Soalnya lubangnya ketutupan genangan air. :(

    Semoga pada lebih berhati-hati. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih, jatuh bang, ati-ati aja deh bang, harus selalu awas

      Delete
  6. Betul mas.. Apalagi kalo pemerintahnya gak bertindak cepat dalam perbaikan, ya jalan makin ambrol... Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nggak perlu lah nunggu korban semakin banyak, buru2 deh diperbaiki

      Delete
  7. wuhuu.... nggak tau kenapa jalanan punya kita tiap tahun harus ganti mulu akibat hujan :(
    padahal Negara lain, malah sampe salju tapi jalanan alus-alus aje...
    auk ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak juga kok bang, dikira jalanan diluar itu kayak di pilem2 ya? disana mah sama aja, cuma mungkin karna kualitas aspal dan jumlah takaran yang berbeda, kerusakannya lebih lama, dan kalo ada rusak dikit langsung diperbaiki

      Delete
  8. kalau dikalimantan barat jalandaerahnya udah ngga bisa dilewatin kijang atau kuda... harus badak hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sampek segitunya, padahal mobil badak belum dirilis, trus gmana tuh?

      Delete
  9. Itu mah karena poyek bikin jalannya banyak dikorupsi haha, makanya sering ngaspal tapi sering rusak juga :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi bisa jadi, dasar kalo udah urusan uang, orang-orang malah lupa daratan

      Delete
  10. Sekuat apapun buatan manusia tetap akan kalah, paling enggak jangka kerusakanya enggak terlalu cepet aja kali ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep akan kalah sama apa bang? air? air aspal sama-sama buatan Tuhan kok bang

      Delete
  11. klo blm tau medan yg dilewati, kita hrs lbh waspada. ngeri jln rusak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul harus waspada, dan kalo emang lagi deres banget, mending menepi dulu

      Delete
  12. iya harus hati2, apalagi kalau lubangnya tertutup banjir

    ReplyDelete
  13. emang cukup miris kalau menengok keadaan hujan saat di musim hujan. bolong lah, rusak lah, nggak rata lah. ending-endingnya para pengendara yang menjadi korban. terutama pengendara motor.. banyak banget tuh kasusnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dan hampir tiap musim penghujan begitu saja, iya kalau jalan juga diperbaiki tiap tahun, atau untung-untung kalau mau ditambal, kadang bertahun-tahun dibiarin gitu aja, perlu ada situs lapor jalan rusak nih, lapor.go.id ga jelas juga

      Delete
  14. Yah, memang sudah bukan rahasia umum lagi ya tentang jalanan yang rusak gara-gara hujan :' apalagi pas genangan gitu. Soalnya Air kan punya hukum pascal yang bunyinya : Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar, jadi kalau di genangan gitu ada truk lewat dan mengenai air disana, maka tekanan truk yang beratnya puluhan ton itu disebar oleh air ke berbagai lapisan aspal. Beuuuuh

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?