Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

<a href='https://www.freepik.com/free-photos-vectors/people'>People vector created by freepik - www.freepik.com</a>
dari freepik


Assalamualaikum,

Masih betah kan #diRumahAja? Kalau sudah nggak betah, berarti kita samaan. Saya mau share pengalaman saya soal bayar pajak kendaraan bermotor yang dilakukan secara online, alias nggak perlu datang ke Samsat dan nggak perlu juga datang ke toko-toko yang memang ditunjuk resmi biar bisa jadi tempat bayar pajak, contoh IndoMaretJuniJuli. Jadi murni online dari rumah doang.

Oke, jadi gini, ketika wabah virus Corona ini mulai makin marak, lalu kemudian muncul himbauan #diRumahAja, saya tiba-tiba dapat kiriman SMS yang intinya berisi pengumuman bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu diantaranya adalah pembayaran melalui aplikasi LinkAja. Setahu saya LinkAja ini adalah upaya merger dari beberapa Bank milik negara agar dapat menyaingi si swasta, sebut saja OVO dan GoPay (bukan nama samaran). Jadi pantas aja kalo si LinkAja ini bisa cepet banget ngembangin fitur-fiturnya.

Singkat cerita, saya lalu membayar pajak menggunakan aplikasi LinkAja. Yang diperlukan untuk melakukan pembayarn melalui LinkAja adalah kuota internet dan saldo LinkAja yang mencukupi. Nah, di aplikasi entar, muncul kolom yang menanyakan nomor Plat kendaraan, nomor mesin dan nomor KTP pemilik terdaftar. Selesai bayar saya lalu dapat bonus yang dimasukin ke saldo bonus sebesar 50 ribu rupiah, lumayan banget kan buat beli kerupuk puluhan bungkus.


Bayar Pajak pakai LinkAja

Bayar Pajak pakai LinkAja

Bayar Pajak pakai LinkAja

Bayar Pajak pakai LinkAja

Lalu, bagaimana cara ambil Bukti pembayaran pajaknya? Waktu itu saya datang ke Samsat deket rumah, tapi kemudian disuruh ke Samsat Pusat yang jaraknya nggak terlalu jauh juga. karena katanya, databasae yang terhubung dengan pembayaran secara online adaya di pusat doang. Oh iya, untuk informasi, saya di Jawa Timur ya.

Sesampainya di Samsat Pusat, ketika di tempat informasi, saya disuruh untuk mencetak bukti pembayaran via LinkAja tersebut, buat bukti fisik katanya. Padahal kan cukup dia masukkan aja di browser dan dia cetak sendiri, mungkin bisa dijadikan pembelajaran yan buat teman-teman. JANGAN LUPA BUKTI BAYARNYA DI SCREENSHOT LALU DI CETAK.

Skip, setelah saya cetak bukti bayarnya, saya lalu diarahin ke kasir 2. Tanpa tunggu lama, setelah di cek sama si kasir, Bukti bayar lalu dicetak dan diserahkan ke saya. Mungkin nggak perlu antri karena sepi kali ya.

So, semoga post kali ini bisa bantu temen-temen yang bertanya-tanya, bagaimana sih cara bayar pajak kendaraan bermotor secara online dari rumah?

Waalaikumsalam.

Comments

  1. Samsat Pusat Jatim iku nang ndi Cak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudipun niku Samsat Pusat e Kabupaten mas, hehe. Kulo kebetulan ten Jombang, lokasinya di Peterongan

      Delete

Post a Comment

Komentar kamu apa?