Benerin Picanto Part 1 - Ban Depan Mobil All New Picanto Seret

Image result for tyre cartoon
sumber Pngtree.com
Holaaaa, setelah beberapa tahun asyik motoran, akhirnya dipertengahan tahun 2018 lalu saya dapet rezeki buat beli mobil, bekas tapi Alhamdulillah kondisinya masih sangat baik. Tapi namanya mobil bekas pasti bakal menuntut perbaikan, dan kini tiba saatnya. Sembari memperbaiki nih mobil, bakal saya sempetin nulis kali aja jadi info yang bermanfaat.

Hujan memang udah jarang turun di akhir Bulan April ini, tapi efek dari hujan yang terus saja mengguyur sampai membuat banyak genangan di jalan yang penuh lubang sepertinya mulai terasa di Picanto merah yang biasa saya tunggangi. Mobil terasa berat untuk jalan pertama kali, selalu saja ada suara getaran berlebih di bagian kiri depan mobil serta mobil yang nggak ngeluyur turun ketika berhenti di lampu merah padahal jalan lumayan miring.

Sampai kemudian saya penasaran saya pegang velg dan piringan cakram ban depan kirinya, sangat panas, signifikan bedanya sama ban yang lain. Dan benar saja, saya siram pake air ketika panas jadi ngebul (jangan ditiru, bisa bikin rusak velg dan piringan cakramnya disiram panas-panas). Tapi nggak ada juga bunyi-bunyi yang menandakan kampasnya soak.

Langsung saja dibawa ke bengkel, dan dibersihkan perangkat pengeremannya, tapi ternyata nggak tuntas. Mau curiga ke bearingnya sepertinya berlebihan, lagian jangan sampai deh, mahal banget. Lanjut lagi di cek and ricek ternyata bagian kalipernya udah berkarat banget, akhirnya dibersihkan dan diganti karet sealnya yang lumayan udah parah kondisinya.

seal kaliper picanto
Tapi berhubung nggak ada stok, akhirnya seal tersebut diakalin pake punya mobil lain, yang gede dari mobil A dan yang kecil dari mobil B, ane lupa pake punya spare part mobil apa. Abis itu di ujicoba lagi, alhasil ban munyer dengan lancar tanpa ada hambatan sedikitpun.

Sedikit nasehat dari abang bengkel, jangan siram mobil kalo abis perjalanan. Jadi kalo kehujanan dan pengen cepet-cepet dicuci, mending didiamkan dulu beberapa menit sampe agak dingin lah beberapa bagian yang panas di kaki-kakinya.

Selanjutnya, ane bakal ganti beberapa bagian lagi yang soak, ditunggu aja.

No comments

Komentar kamu apa?