Samsung J5 Pro Setelah 6 Bulan Pemakaian

samsung j5 pro setelah 6 bulan
J5 Pro
Halo semua, kembali lagi di blog ini setelah sekian lama absen dari dunia tulis menulis. Kali ini saya ingin ikut-ikutan mengulas soal gadget, mau bikin vlognya kok malas banget, yah fokus aja nulis di blog. Sedikit saja yang mau saya ulas, lagian ini smartphone yang sudah lumayan berumur, sudah banyak reviewnya. Saya cuma mau sedikit berbagi informasi mengenai apa yang saya rasakan setelah berkutat hampir 6 bulan lamanya dengan Samsung J5 Pro ini.

Fitur yang paling diandalkan oleh J5 Pro ini ada pada sektor kameranya, bukan cuma kamera belakang tapi kamera depannya juga. Kedua kamera tersebut dibekali pula dengan lampu flash. Tapi setelah 6 bulan pemakaian, saya juga jarang banget selfie dengan menggunakan lampu flashnya. Entah kenapa saya merasa kualitas foto yang didapatkan dengan menggunakan lampu flash menjadi sedikit lebih jelek ketimbang tanpa flash. Lagipula, bukaan kamera yang 1,7 membuatnya handal di tempat minim cahaya, beneran. Sayangnya video yang dihasilkan belum bisa slow-mo dan stabil. Karena flash jarang dipakai, mubazir juga kalau ada lampu flash di kamera depannya, mending dibuat lampu led notifikasi saja, oke samsung?

Selanjutnya di sektor penyimpanan. RAM 3 giganya terbukti mampu mengatasi penggunaan saya yang banyak mengandalkan aplikasi-aplikasi komunikasi, browser dan aplikasi kantoran seperti office, email dan notes. Kapasitas penyimpanannya yang 32 giga lumayan mengakomodir keperluan saya, namun kalau kebanyakan ambil video, saya rasa kurang. Buat mengatasinya saya terbantu dengan fasilitas USB On-The-Go yang tersematkan di J5 Pro ini.

Yang kurang menurut saya ada di sektor processornya, Exinos 7870 yang disematkan sama Samsung bukanlah prosesor yang bisa diandalkan untuk bekerja dengan intensitas tinggi, main game apalagi. Namun ada keuntungan tersendiri dengan penggunaan prosesor tersebut, apa itu? kita bahas di bagian daya tahan baterai.

Samsung J5 Pro hadir dengan sistem operasi Nougat. Banyak aspek yang berubah di Nougat, tapi yang kebanyakan orang tahu cuma soal tampilannya. Namun dibalik itu, ada perkembangan yang cukup signifikan soal manajemen RAM serta manajemen daya. Meskipun manajemen RAMnya saya rasa masih kalah jauh lah sama Apple. Nah, soal daya, Sistem operasi Nougat serta prosesor Exinos 7870nya membantu mengoptimalkan penggunaan daya pada smarphone ini. Ditambah dengan kapasitas yang 3000 mAH, bikin smartphone ini bisa dipakai lebih dari satu hari. Apalagi saya pakainya cuma satu simcard doang yang aktif. Waktu standby bisa tembus 10 jam bro.

So, sejauh ini saya rasa smartphone ini sudah cukup buat saya dan juga buat kamu yang butuh smartphone dengan kamera yang cukup bagus, aktivitas ngantor serta bisa diandalin buat rutinitas anak socmed. Tapi kalo kamu anak gamer sih mending jangan, hehe.

1 comment:

Komentar kamu apa?