Akhirnya, Blogspot Ngasih Template Baru - Tukang Nguplug Akhirnya, Blogspot Ngasih Template Baru Skip to main content

Akhirnya, Blogspot Ngasih Template Baru

dari blogpost

Setelah sekian lama semenjak blogspot (blogger) dibeli dari Pyra Labs oleh Google, pada akhirnya Google melakukan pembaharuan yang lumayan signifikan pada sistem blogspot itu.

Kita nggak tahu, perubahan coding apa saja yang sudah dilakukan oleh tim pengembang agar blogspot bisa lebih aman, lebih stabil dan kokoh, karena perubahan yang seperti itu tak kasat mata, nggak mendapat nilai lebih dari pengguna, setidaknya sebagian besar pengguna. Beda halnya jika perubahan itu terjadi pada bagian antar muka, bagian yang kelihatan.

Beberapa tahun lalu kita tahu bahwa blogspot mulai melakukan perubahan desain, yang kemudian kita tahu dengan tampilan blogspot yang jauh lebih fresh dengan sentuhan material design yang sebenarnya sudah lama dikembangkan Google. Bentuknya juga beda, user langsung bisa masuk ke dashboard dari salah satu blog yang dibuat, namun reading list tetap bisa langsung diakses.

Tapi saya baru tahu ketika siang ini membuka dashboard untuk sekedar mengecek statistik blog tukang nguplug yang jarang banget dikunjungi orang, curhat. Ada sesuatu yang baru yang dari dulu saya pengen, blogspot akhirnya ngasih template baru buat penggunanya, dan templatenya keren.

Setahu saya template design yang disediakan blogspot dari dulu cuma itu-itu aja, cuma ketambahan fitur untuk customize template baik layout, font dan lainnya. Ada juga dynamic view yang bikin load lebih enteng yang dibuat sejak 2011 lalu. Tapi dynamic view nggak keren dan jarang banget yang pake kecuali blognya emang cuma buat kasih informasi.

Ada empat template baru yang menurut saya keren, Contempo, Soho, Emporio dan Notable. Dan salah satunya bakal jadi template dari siuplug.com, wait.

Comments

  1. saya juga baru coba ganti template bawaan blogger nih.. responsive kalau dicek

    ReplyDelete
    Replies
    1. desainnya emang responsive, secara buatan yang punya

      Delete
  2. Replies
    1. kalo pake ini, customize yang sudah pernah dibuat jadi kebuang

      Delete
  3. iya bagusbagus yang baru tapi belum sempet utak atik juga nih :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?