(Masih) Soal Jalan Yang Berlubang

cari di google, nemu dari hondabikersaceh.com

Sekarang, tiap pulang kantor mangrib-maghrib jadi menakutkan. Bukan karena gelapnya yang jadi masalah, tapi karena hampir tiap hari hujan, akibatnya jalanan mulai kelaparan, mulutnya menganga mencari mangsa. Jalanan berlubang disana sini, semakin hari semakin lebar dan dalam, bahaya buat pengendara.

Pernah ban belakang saya sobek karena masuk kedalam lubang yang lumayan besar, untung saja saya bisa mengendalikan motor dan tidak terjatuh. Bagaimana dengan orang lain, atau kita dikemudian hari, siapa yang bisa memberi garansi ketika gelap dan tiba-tiba saja motor terperosok ke dalam lubang yang lumayan besar dan kita masih bisa menghindari malapetaka. Semoga kita selalu diberkan keselamatan dan dijauhkan dari malapetaka oleh-Nya.

Coba lihat Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 24, penyelengara jalan wajib untuk memperbaiki jalan yang rusak dengan segera, minimal memberikan tanda. Hukumannya berat, di Bab XX Ketentuan Pidana, pada pasal 273, jika jalan yang rusak mengakibatkan luka ringan, penyelenggara jalan bisa di denda sebesar 12 juta, kalau luka berat 24 juta, dan kalau sampai meninggal sebesar 120 juta.

Tapi kenapa penyelanggara jalan itu diam saja, tidak melakukan apa-apa, setahu saya dana di pemerintah untuk jalanan ada tiap tahunnya. Berarti sama saja pemerintah membiarkan rakyatnya menderita, apalagi akibat dari jalan yang berlubang itu bisa sampai berujung pada kematian. Apa kurangnya informasi? saya rasa bukan. Tapi kalau memang soal itu, solusinya banyak saya rasa.

Saya pernah ngobrol-ngobrol bareng orang Badan Pertanahan, kata dia, untuk mengecek penggunaan lahan dengan izin yang diajukan seseorang itu mudah, dia tinggal membandingkan denah izin yang diajukan dengan foto satelit real time dari lahan tersebut, tinggal dicocokkan saja. Nanti kelihatan kalau ada penyalahgunaan disana.

Saya jadi berpikir, kalau pemerintah mau untuk memperbaiki jalanan, atau mau bertindak lebih cepat dan lebih tanggap untuk memperbaiki jalan yang berlubang, caranya bisa sangat mudah. Tinggal memanfaatkan perangkat smartphone, kita buat aplikasinya.

Bisa kan pemerintah bikin aplikasi, dimana user tinggal meng-capture gambar dari lubang di jalanan yang dia temui. Nanti ketika di-upload ke server, diikutkan juga informasi koordinat lokasinya yang didapat dengan GPS. Server tinggal melakukan pencocokan gambar dengan foto satelit real time pake pengolahan citra digital. Nanti kalo hasilnya valid, tinggal dikirimkan ke badan terkaitnya saja.

Gimana?

Comments

  1. Judulnya soal jalan yg berlubang
    Saya baca2 engga ada satu pun soalnya
    Baik itu pilihan ganda mau pun essay
    Aneh
    Malah ngebahas keluhan jalan
    Saya bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini malah soal yang sulit mas, persoalan kehidupan, hahaha

      Delete
  2. wah bener juga tuh mas, mending langsung dibuatkan aplikasinya jadi tidak sulit kalo ingin mealporkan sesuatu, kalo lewat telpon sms begitu kurang ditanggapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah jaman IT, dinas terkait harusnya sudah bisa

      Delete
  3. di jakarta pake aplikasi Qlue kayaknya bisa dicoba tuh, maksudnya ditiru di tempat lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lain belum melek bang, entah bupatinya ngapain aja

      Delete
  4. Idenya keren Mas 😊 coba dibuat proposalnya 😌🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. dinas terkait harusnya bisa bikin dan terpikirkan hal begini mbak

      Delete
  5. Bener banget jalan berlubang bisa bikin celaka atau kecelakaan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Btw, oke juga idenya, ntar pake pemerintah juga nutup lubang dijalan pake aplikasi, sret.. sret.. jadilah mulus lagi jalannya #hahaha.. #eh,
    Salam kenal ya

    ReplyDelete
  6. Gara2 nyungseb ke jalan berlubang, yang tadinya ngantuk jadi melek *pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. asala nyungsebnya masih dalam batas yang ditentukan

      Delete
  7. iya bahaya bisa bikin motor oleng dan jatuh ini her... kondisi jalan kayak gini biasanya kalau sering dilewatin truk2 gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. hujan dan dilintasi kendaraan bermuatan berat, musuh besar aspal

      Delete
  8. KOMENTAR SAYA SATU...

    Tulung kasih jalan yg mulus kayak p*h* nya penyanyi2 wanita korea....
    gkgkgkgkkk....

    ReplyDelete
  9. ini di Surabaya juga mulai banyak jalan berlubang
    kalo hematku sih ini akibat genangan air saat hujan
    aspal emang ga tahan air kalo kena genangan air

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang, siperparah dengan kualitas aspal yang kurang tahan dan beban jalan yang berat. harusnya semua sudah diperhitungkan pemerintah

      Delete

Post a Comment

Komentar kamu apa?