Pilihan Anak Pintar Dengan ACER LIQUID Z320

Dengan Acer Liquid Z320, Anak Senang, Orang Tua Tenang
Dengan Acer Liquid Z320, Anak Senang, Orang Tua Tenang
Tulisan ini untuk para orang tua yang sudah punya anak, atau yang belum punya anak, bisa juga buat kalian yang suatu hari nanti mau nikah dan punya anak. Tapi yang belum kepikiran mau nikah apalagi punya anak, boleh ikutan baca. Kenapa? karena ada satu fenomena baru yang muncul di tengah masyarakat, yakni smartphone sebagai 'obat bius' kerewelan anak.

Sudah bukan hal yang aneh, jika kita menemukan balita yang sedang asyik memainkan jari-jemarinya di atas layar sentuh smartphone, entah itu bermain game, menonton kartun atau hanya sekedar mengubrak-abrik aplikasi yang ada di dalam smartphone tersebut. Dan hal tersebut dibiarkan saja oleh orang tua atau orang dewasa yang ada bersamanya pada saat itu, padahal menurut saya hal tersebut kurang baik.

Belum lagi jika hal tersebut terus-menerus kita lakukan dengan alasan karena anak suka dan tidak membuat keributan, tentu saja, toh dia jadi asyik tenggelam kedalam dunia digital yang entah ada apa saja di dalamnya, bisa baik bisa buruk. Coba kita lihat sebentar apa saja yang biasa ada di dalam sebuah smartphone.

Permainan, ini adalah aplikasi yang memiliki daya tarik paling besar dari semua aplikasi yang ada di dalam smartphone. Baik anak kecil hingga orang dewasa sangat menyukai aplikasi ini, dan coba tebak, di luar sana ada banyak aplikasi permainan yang beredar. Dan karena masing-masing orang punya ketertarikan, selera dan pola pikir yang berbeda, maka dari itu, para pengembang permainan di seluruh dunia tidak hanya membuat satu jenis permainan, ada adu strategi, kekerasan, fantasi, atau permainan buat anak kecil atau memang khusus untuk orang dewasa.

Multimedia, aplikasi ini biasa kita gunakan untuk mengambil foto atau video dan memutarnya kembali. Saya anggap ini adalah aplikasi yang paling wajar ada di dalam sebuah smartphone. Anak kita mungkin menggunakan aplikasi ini hanya untuk melihat-lihat foto ataupun memutar video. Tapi siapa yang bisa menjamin ada foto dan video apa saja yang mungkin ada dalam sebuah smartphone?
anak-anak dan smartphone
sumber gambar dari www.digitaltrends.com
Browser, ini adalah aplikasi yang menjembatani dunia yang terbatas dengan dunia yang tidak ada batasannya. Konten internet bisa jadi semua hal yang ada di dunia ini ditambah hal-hal yang tidak ada tapi ingin dibuat ada, bedanya, kalau di dunia ada pintu yang menghalangi, namun di dunia maya yang biasa kita akses melalui browser, menyingkirkan pintu-pintu norma tersebut, yang bekerja tinggal pintu norma yang sudah tertanam dimasing-masing individu. Sedangkan anak kecil yang memainkan smartphone, bisa saja mengarahkan jemari kecilnya menuju aplikasi ini tanpa didampingi orang tua yang merasa lebih tenang karena anaknya sudah senang. Dan anak kecil punya kelebihan dibanding orang dewasa, rasa ingin tahu yang meledak-ledak

Komunikasi dan Social Media, seharusnya aplikasi ini menjadi aplikasi yang bersifat pribadi yang hanya boleh diakses oleh pemegang smartphone tersebut. Tapi coba anda bayangkan ketika tanpa sadar, anak kita menghapus informasi penting yang ada dalam email, ataupun pesan dari partner kerja kita. Atau anak bisa saja menelepon orang lain atau menerima telepon tanpa sepengetahuan kita.

Namun  rasanya salah kalau kita hanya menyalahkan smarphone, karena sekarang memang sudah bukan lagi jamannya anak-anak bisa lega bermain berbagai macam permainan tradisional dengan bebas yang butuh tanah luas dan lapang. Mengandalkan jalan sempit di perumahan pun sudah susah karena jalanan yang keras dan kurang bersahabat, belum lagi ketika bermain bola malah memecahkan kaca jendela rumah orang lain, siapa lagi yang harus dipersalahkan.

Dalam dunia IT. kita sudah kerap kali mendengar aplikasi yang memungkinkan orang tua mengatur apa saja yang bisa dilakukan dan diakses oleh anaknya dalam sebuah komputer atau gadget. Tapi dalam penerapannya sedikit rumit dan perlu pengetahuan lebih untuk memilih sendiri aplikasinya. Kembali ke smartphone yang bisa kita sebut sukses menjadi 'obat bius' untuk anak kecil, tentu kita tidak mau mengorbankan anak kita demi sedikit waktu beraktivitas.

Lalu kemudian saya mendengar kabar tentang Acer Liquid Z320, yang menawarkan fitur Kids Center. Saya tertarik setelah sedikit membaca ulasannya di sini, fiturnya beda dari apa yang saya tahu tentang parent guide, ini adalah solusi, yang bisa jadi jalan keluar dan menciptakan 'obat bius' aman yang memberi nilai tambah dari kegunaan smartphone yang sekedar untuk menghibur buah hati menjadi sekolah kecil untuknya.

Ada apa dengan fitur Kids Center dari Acer Liquid Z320?

Dari yang sudah saya lihat lewat video pengenalan Kids Center, fitur yang dikenalkan oleh Acer Liquid Z320 ini terbilang keren. Karena Kids Center ini adalah sebuah launcher, dimana di dalamnya terdapat berbagai macam aplikasi, ada galeri foto dan video, permainan, browser, kamera serta aplikasi khusus anak lainnya yang bisa kita tambahkan.

Yang lebih menarik lagi adalah fitur Ragam Aman, dimana dengan fitur ini, anak-anak kita tidak bisa keluar dari Kids Center, sehingga kita tidak perlu lagi khawatir mereka akan mengakses aplikasi selain yang ada di Kids Center tersebut. Bagaimana jika smartphone di-reboot? Kids Center juga sudah mengantisipasi hal tersebut, karena Kids Center bisa dijadikan sebagai launcher utama smarphone tersebut.
Fitur keamanan dari Kids Center
Fitur keamanan dari Kids Center
Kids Center juga menyediakan beraneka macam permainan serta aplikasi yang akan membuat anak-anak senang dan orang tua tenang, karena permainan dan aplikasi tersebut tidak hanya memberikan mereka hiburan, melainkan sudah dirancang untuk melatih pula daya pikir serta kreativitas anak-anak.

Menghalangi anak dari dunia internet pun rasanya mubadzir, karena di sanalah banyak ilmu pengetahuan tersimpan dengan rapi dan bebas untuk diakses. Dengan Kids Center, kita sudah tidak perlu khawatir, karena kita bisa memilih situs apa yang boleh mereka akses, kemudian anak-anak tinggal memilih pilihan situs yang sudah kita sediakan tersebut lewat aplikasi browser di dalam Kids Center.
akses berbagai situs aman di Kids Center
akses berbagai situs aman di Kids Center
Dan ketika kita ingin melihat aktivitas apa saja yang sudah dilakukan anak-anak dengan smartphone-nya, kita dapat melihatnya melalui fitur Parental Control yang disediakan oleh Kids Center. Sangat lengkap bukan? Jadi, daripada membiarkan anak-anak menggunakan smartphone tanpa ada yang memantau, Acer Liquid Z320 dengan Kids Center ini bisa menjadi gadget pilihan orang tua untuk anak-anak tercinta.

Post a Comment

40 Comments

  1. Cocok untuk zaman skrng, anak yg melek teknologi tpi hrus sesui umur. kereen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang, anak sekarang sudah melek teknologi, pintar-pintar orang tua ngebimbingnya

      Delete
  2. Kalau kontennya sudah bisa dipakai anak kecil berarti tinggal memilih covernya aja ya. Biar tahan banting kalau dilempar sana-sini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul-betul, mungkin cocoknya pake galaxy s6 active

      Delete
  3. tetep aja sie.. walaupun ada kid center sebaiknya jangan di kasih smart phone, gw nie ketar ketir juga, anak udah mulai ngelirik gadget.. takut maenan gadget terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling baiknya emang jangan terlalu dini mengenalkan gadget, tapi kalo pencegahan sudah tidak bisa lagi, kids center setidaknya bisa jadi benteng terakhir, ketimbang ntar anaknya nonton tv, ah lebih parah lagi bang

      Delete
    2. wakakkak iya juga sie, nonton tv mah gimana nge bentenginnya.. yg ada malah umpet2 an remote tv

      Delete
    3. mending berlangganan tv kabel bang, lebih mudah ngawasinnya

      Delete
  4. ada kids centernya?wahhh keren nih acer liquid... berapaan harganya? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibawah 1,5 jutaan bu, kalo di situsnya, tempat penjualan lewat online di bhineka sama blibli

      Delete
    2. Untuk main game kuat ngga mas, soalnya ade saya minta beli HP baru juga nih

      Delete
    3. lumayan kuat sih, udah pake adreno 210 Quad core 1,1 GHz sama ram 1GB

      Delete
  5. kids centrenya nih bikin tertarik. haha.

    ReplyDelete
  6. Smartphone bisa bikin anak cerdas ,tapi bisa juga bikin candu, tidak aktif.

    Meskipun begitu baiknya memang anak-anak terkontrol pemakaianya

    Salam dari Rembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang, terlebih mereka jadi susah bergaul dan karena itu harus dikontrol, salam bang

      Delete
  7. Spesifikasi ram dan romnya berapa tuh mas, kalau manteb yang main bukan buat anaknya, tapi malah buat bapaknya :D
    dengan adanya aplikasi Kids Center, orang tua ngga perlu lagi was was ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bagus mas, cpunya quad core 1,1 GHz sama ram 1 GB, penyimpanan interna 8 GB, lumayan kan

      Delete
  8. wah acer liquid bisa menjadi gadget yang ramah buat anak ya...sipp

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, jarang ada fitur bawaan gini, setau saya baru acer liquid

      Delete
  9. bayi jaman sekarang pinter pinter ya, ngerti aja main touch screen hehee.. btw bagus juga nih terobosannya Acer ya, tapi kira-kira untuk mata para bayi ada filternya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada aplikasi terpisah kalau brightness paling rendah bawaan smartphone masih tetap silau, coba cari di play store dengan kata kunci screen filter

      Delete
  10. Wah soal Smartphone ini tetap memjadi salah satu pilihan yang terbaik kaena semua informasi dan ebrbagai kemudahan bias denganmuadh diperoleh di sini, dengan hanya menggunakan Smartphone ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang, tapi kembali lagi, harus jeli memanfaatkan, jangan sampai kita yang dimanfaatkan sama smartphone

      Delete
  11. Cakep banget neh hp jd naksir kebetulan hp lama udh ngak asik suka lemot

    ReplyDelete
  12. klo pake kids center, lebih tenang ya

    ReplyDelete
  13. Paragraf pertamanya mengundang buat yang belum punya anak buat ikutan baca juga. Keren :D

    Semua hape kayaknya butuh Kids Center kayak Acer gini. Soalnya anak-anak kecil jaman sekarang kayaknya nggak bisa liat hape nganggur bentaaaaar aja. Eh tapi dulu pernah sih di Lumia ada aplikasi sejenis Kids Center, tapi nggak diseriusin atau entahlah. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira-kira kalau Kids Centernya dishare di Play Store kayaknya bagus tuh

      Delete
  14. waktu itu adek saya juga ngelirik Z320 ini bang
    tapi ujung2nya ga jadi beli, malah beli Lenovo A2010

    ReplyDelete
  15. Kayaknya gak anak2 aja deh yg pake hp acer.. Orang dewasa juga ngiler nih... Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hapenya iya bang, ini cerita soal Kids Center, fitur yang dibuatin sama Acer

      Delete
  16. Aku gak begitu setuju anak kecil pake hape, sereeemm liat cara bergaul anak sekarang. aku pengennya anak belajar dari non gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa non gadget, itu lebih baik, tapi mau tidak mau, kita tidak bisa lari dari kemajuan teknologi, atau menyembunyikan teknologi dari mereka, kalau sudah begitu, mungkin ini solusi yang baik

      Delete

Komentar kamu apa?