Domain Blogspot dan Alexa Rank yang Membingungkan

alexa dan blogspot domain make baby confuse
sumber colorthewaffleswithicecream.blogspot.com
Halo halo, sudah tahu kan kalau blog berplatform Blogspot punya fitur baru dimana domain para blogger sekalian akan berubah sesuai lokasi dimana blog tersebut diakses? Jadi gini, misalnya kamu mengakses blog saya dengan domain beritabangsa.blogspot.com, secara otomatis domain tersebut akan berganti menjadi beritabangsa.blogspot.co.id jika kamu mengaksesnya di Indonesia, atau jangan-jangan jadi beritabangsa.blogspot.co.uk kalau ada orang bule Inggris yang nyasar ke blog saya, hehe.

Sebenarnya hal tersebut cukup keren menurut saya pribadi, tapi sejak kemarin, saya mulai galau karena suatu hal, peringkat Alexa. Whats wrong? Jadi gini (lagi), awal mulanya saya terheran-heran dengan peringkat Alexa yang saya pasang pada widget blog masih saja menunjukkan angka 0 (nol), padahal menurut alexa toolbar yang saya install di browser chrome, menunjukkan angka 3jutaan. Lho?

Setelah saya amati lebih dalam, anggap saya detektif, hehe, ternyata alexa memberikan peringkat berdasarkan alamat URL lengkapnya. Disini saya mulai curiga, apa ada hubungannya dengan domain blogspot saya yang berubah menjadi .co.id? iseng saya coba membandingkan peringkat alexa blog saya antara .co.id dan .com, dan hasilnya berbeda pemirsa. Segera saja saya ganti alamat blog saya dengan domain .co.id pada widget alexa pada blog saya.

Kalau begini, rasanya jadi tidak ngeh dengan domain blogspot saya, kan ranking alexanya jadi tidak optimal. Tapi bagaimana lagi, lagian saya menulis blog bukan untuk mengejar ranking meskipun ranking bisa menghibur hati sebagian blogger, hehe.
Domain Blogspot dan Alexa Rank yang Membingungkan
sumber www.bigkahunahosting.com

Ada cara untuk mengatasi kegalauan tersebut kalau ada blogger yang galau. Ada dua, pertama, beli domain untuk blog kamu, jadi tidak lagi menggunakan subdomain dari blogspot.com, yah tapi ada juga kan blogger yang idealis tidak mau beli domain (idealis apa hemat ya? hehe). Kedua, pakai script dimana alamat URL blog kamu akan dipaksa masuk ke domain .com jika akses pertamanya terdeteksi bukan dengan domain .com, paham? cara ini bagus tapi tidak bersahabat dengan kuota internet, karena itu artinya blog kamu akan diakses dua kali.

Kalau mau tahu scriptnya, ini dia script yang ditulis sama Amit Agarwal :
  /* Get the full URL of the current blogger page */
  var blog = document.location.href.toLowerCase();
   /* Do not redirect if the domain is .com already */
  if (!blog.match(/\.blogspot\.com/)) {
     /* Replace the country TLD with .com and ncr switch */
    blog = blog.replace(/\.blogspot\..*?\//, ".blogspot.com/ncr/");
     /* Redirect to the new .com URL in the current tab */
    window.location.replace(blog);
  }
 // Source: http://labnol.org/?p=21031 
Tinggal pasang script tersebut di widget ataupun ditanam didalam template blog kamu, oia jangan lupa sebelum dan sesudahnya dipasang tag <*script*> (buang *). Jika kamu punya tag dalam huruf besar, bagian yang berwarna merah kamu hapus saja ketimbang jadi masalah nantinya, semoga bermanfaat.

Comments

  1. cara paling ampuh emang beli domain, mas hehe.
    tapi kalo baru beli pasti alexa juta2an abis itu tinggal rampingkan dan akan steady

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul, pengorbanan diawal, sekarang udah mau beli domain, tinggal nunggu wangsit dapat nama apa yang ciamik, hehehe

      Delete
    2. cara ngrampinginnya gimana donk? apa harus diet dulu gitu? #kurangpaham #newbie

      Delete
    3. diet boleh, asal jangan berlebihan, eh.
      kalo mau ngerampingin alexa ya tinggal gimana caranya kamu banyakin visitor ke situs kamu, oke?

      Delete
    4. iyaaa harus dieettt biar ramping hehe.. yaa caranya konsisten nulis dgn konten yg bagus, konsisten blogwalking dan komen, hehe bukan begitu?

      Delete
  2. oh iya ya.. br sadar buka blogspot disini, ujungnya .co.id, untung aja dah beli domain, horeee, btw ini google page rank udah gak kosong ya, kereeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum hiatus dulu udah sempet 2 malah bang, heuheuheu

      Delete
  3. Mas jadi fungsi alexa rank itu apaan sih apa cuma buat gengsi2an doank? Katanya enggak ada efeknya ke seo. Sorry mas saya nubi jadi ilmu masih cetek,hehehe

    Kalau blogspot gak usa heran mas..saya aja bingung kenapa kok berganti tapi url kok kadang blogspot.com kadang blogspot.co.id..
    Emang kayaknya harus ganti domain nih..
    Cuma kalau saya ganti domain iklan adsense hilang belum upgrade.wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nih yg mo aku tanyain juga hihii..
      Ga paham.. #newbie

      Delete
    2. iklan adsense ngikut url juga ya?
      alexa apa ya fungsinya, kalo ranking kelas apa ya? ya semacam peringkat gitu, kalo saya juga kurang paham, tapi dengan alexa itu, jadi termotivasi terus update dan blogwalking, karena kalo nggak salah, alexa ngasih ranking berdasarkan visitor

      Delete
  4. pengen punya domain sendiri tapi masih bingung mau dikasih nama apa hahahahaha

    ReplyDelete
  5. saya blm ngapdet alexa, soalnya tau, baru turun

    ReplyDelete
  6. saya blm ngapdet alexa, soalnya tau, baru turun

    ReplyDelete
  7. kalo saya tidak mau mikirin Nenk alexa dulu lah *Lagi Marahan*


    tapi untuk blogspot yang belakangnya berubah mungkin itu kebijakan dari Google nya selaku empunya penyedia layanan blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa marahan? balik nol ya abis beli domain? haha

      Delete
  8. oh gt ya... untung msh bisa diantisispasi yah

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?