Belanja Online Tanpa Was Was di BukaLapak

belanja gampang cuma modal jari
bannernya
Berbelanja secara online sudah bukan hal baru bagi banyak orang, oleh karena itu juga orang sudah banyak tahu mengenai belanja online. Terkadang puas namun tak sedikit pula yang kecewa. Entah kecewa dengan barang yang tidak sesuai dengan yang dilihatnya pada contoh gambar, atau kecewa karena barang mengalami kerusakan ketika dalam perjalanan dan tidak ada ganti rugi atau kecewa karena pelayanan dari situs belanja online yang kurang memuaskan ketika ingin bertanya atau sekedar mengobrol untuk memastikan bahwa membeli disitus itu merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Belanja gampang cuma modal jari sudah bukan isapan jempol, tapi Belanja Online Tanpa Was Was, Bukalapak.com.

BukaLapak.com menjawab semua kekecewaan tersebut, meski bisa dikatakan sebagai pendatang baru. BukaLapak.com mencoba mengambil peran sebagai perantara ketimbang sebagai penjual. Namun disinilah letak keistimewaanya, sebagai perantara, BukaLapak.com bukanlah sekedar situs orang numpang lewat untuk berjual beli secara bebas, BukaLapak.com mencoba untuk menjadi perantara yang adil dan beradab, hehe. Penjual dan pembeli tidak bebas bertransaksi begitu saja, tapi harus melalui sistem yang dibangun sedemikian rupa oleh BukaLapak.com sehingga transaksi bisa lebih aman dan nyaman, terutama bagi para pembeli.

Nilai lebih
Sistem feedback yang dibuat oleh BukaLapak.com terbilang sangat menarik, karena dari feedback inilah pelapak (istilah untuk orang yang menjajakan barang dagangannya di BukaLapak.com, next penjual saya sebut sebagai pelapak saja) nantinya memiliki rating yang bisa jadi tolak ukur seberapa terpercayanya pelapak tersebut. Mulai dari sekedar BL User, Pedagang, Pedagang Besar, sampai pada Juragan, dan nantinya ketika rating pelapak tersebut sudah mencapai 5000, barulah ia mendapat rating Good Seller sampai pada akhir rating tertingginya yaitu Top Seller. Tapi, mendapatkan rating tersebut bukanlah hal yang mudah.

Dari yang coba saya rangkum, feedback didapat dari respon pembeli kepada pelapak dan juga dari sistem yang dimiliki BukaLapak.com yang bisa mengetahui apakah pesanan pembeli sudah terkirim dan diterima dengan baik atau tidak oleh pembeli. BukaLapak.com mewajibkan pelapak untuk mendaftarkan nomor resi pengiriman setelah pembeli membayar barang yang dibelinya dalam batas waktu tertentu, jika tidak, maka pelapak dianggap telah menolak pesanan. Sistem kemudian akan memberikan feedback negatif kepada pelapak, dan melakukan refund ke pembeli.

Namun jika pembeli yang tidak memberikan konfirmasi penerimaan barang meskipun sitem tracking menyatakan barang sudah diterima, maka Bukalapak.com akan mentransfer dana langsung ke BukaDompet pelapak tanpa mengkonfirmasi ke pembeli. Sistem secara otomatis memberikan feedback positif dan mentransfer dana pembayaran ke BukaDompet pelapak jika status resi menunjukkan ‘Barang diterima’ dan pembeli telah melewati batas waktu untuk konfirmasi, jadi, pembeli juga harus selalu care ya.
belanja online tanpa ragu di bukalapak
belanja online tanpa ragu di bukalapak
Oh iya, BukaDompet, hampir lupa. Sebagai perantara yang adil dan bijaksana, BukaLapak.com membuat BukaDompet, fasilitas dimana pembeli dan pelapak bertransaksi. Jadi pembeli membayarkan barang pesanannya ke BukaDompet, jika jual beli selesai dan barang diterima, baru kemudian uang pembeli yang di BukaDompet diteruskan ke pelapak. Dengan begitu, pelapak tidak bisa dengan mudah menipu pembeli dengan memberi barang palsu, karena ketika dikonfirmasi pembeli bahwa barang tidak sesuai, BukaLapak.com tidak akan meneruskan uang pembeliannya. Keren bukan. Dengan begitu pembeli bisa merasa lebih aman dan nyaman ketika berbelanja secara online.

Aplikasi smartphone
Untuk menguji coba aplikasi BukaLapak.com versi android, saya menggunakan Samsung Galaxy Y dengan sistem operasi Android Gingerbread. Sengaja saya menggunakan smartphone jadul dengan layar yang kecil untuk melihat kemampuan antarmuka aplikasi pada perangkat yang kurang beringas. Ah tapi ternyata tidak kompatibel, jadi review aplikasi BukaLapak.com berikut tidak lagi menggunakan smartphone tadi, hahaha. Kesan pertama menggunakan aplikasi tersebut adalah smooth, gambar dari barang yang dijual pun langsung muncul, berbeda dengan testimoni orang-orang di play store, mungkin bugnya sudah dibasmi.

belanja gampang cuma modal jari
daftar di BukaLapak
Ujicoba pertama adalah mendaftar. Untuk mendaftar user bisa menggunakan fasilitas login menggunakan facebook ataupun google+, namun tetap harus mendaftarkan password baru. Selesai mendaftar, user juga harus mengkonfirmasi akunnya lewat email. Yang menarik adalah, user bisa berperan sebagai pelapak ataupun pembeli dengan satu akun tersebut. Saya juga ikutan mendaftar di BukaLapak.com, TaDa, akun saya terkonfirmasi juga, biasa aja kali, hehe.

belanja gampang cuma modal jari
konfirmasi saat mendaftar

belanja gampang cuma modal jari
beli barang
Uji coba kedua adalah mencoba untuk belanja, tapi tidak belanja beneran, bingung juga mau belanja apa, hehe. Ada fitur menarik di BukaLapak.com, Barang Diskon, dengan adanya fitur ini, user pembeli bisa fokus untuk mencari barang-barang yang memang didiskon, saya rasa fitur ini akan banyak dimanfaatkan oleh kaum wanita, hehe. Untuk berbelanja lebih lengkap, user bisa langsung berbelanja dari halaman depan, that simple easy.

Navigasi didalam aplikasi sangatlah mudah dan menyenangkan, User Experience bisa diacungi jempol, karena saya sebagai pemakai pemula sama sekali tidak merasa kesulitan membeli barang. Ketika melihat detail barang, kita bisa pindah kefitur lain hanya dengan slide jari kekanan. Dari detail barang kita bisa memasukkan barang tersebut ke keranjang ataupun melakukan proses pembayaran lebih lanjut dengan mengisi data terlebih dahulu (jika belum ada data yang dimasukkan).

belanja gampang cuma modal jari
fitur BukaLapak
Hal menarik lainnya yang bisa saya lihat di aplikasi tersebut adalah fitur Tanya Jawab dan frequently ask question, 2 fitur itu bisa saya bilang sangat penting, karena pembeli ataupun pelapak sebagai user pasti terkadang punya banyak pertanyaan, kan kita masih hidup dengan semboyan 'malu bertanya sesat dijalan'. Fitur feedback dan BukaDompet yang saya jelaskan diatas juga ada didalam aplikasinya, begitu pula dengan Transaksi.

Dengan banyaknya fitur yang disematkan kedalam aplikasi, aplikasi masih bisa berjalan dengan lancar dan tidak terlihat loading yang berat, kecuali koneksi internet kita lagi macet, beda cerita, hehe. Dengan desain materialnya, antarmuka aplikasi BukaLapak.com sangat menarik untuk dilihat, tidak membosankan, dan seperti yang sudah saya bilang juga sebelumnya, navigasi dalam aplikasi ini menunjukkan bahwa aplikasi ini tidak dibuat asal jadi saja, karena saya juga bekerja sebagai pembuat antarmuka, jadi sedikit tahu tentang UI dan UX.

21 comments:

  1. Buka lapak sering nih kalo buat beli online.
    Sukses bro lombanya :)

    ReplyDelete
  2. Belum pernah beli online lagi semenjak ketipu belanja online.. yah.. Kapan kapan bolehlah dicoba beli barang yang diskon Hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus lebih waspada dan teliti, belanja online itu bisa bermanfaat bisa berbahaya

      Delete
    2. Kalo di Bukalapak mah Aman Mba Arum

      Delete
  3. Kebetulan saya juga baru pengalaman beli barang di bukalapak, memang harus liat feedback dari para konsumennya agar tidak ketipu ya mas... Ini sedang ikut kontes ya, saya malah baru tau kalau ada kontesnya...

    ReplyDelete
  4. sy pelanggan setia BL loh,heee... biar g kecewa,hrs dibaca dlu term n condition msg2 o-shop beda2,lbh afdol sy tya stok warna dan size yg di inginkn spy yakin barang tsb msh tersedia,baca juga feedback nya biar tau reputasi o shop tsb,sukses ya mas... ^_^

    ReplyDelete
  5. Makasih Gan udah mampir di blog saya >> goo.gl/zu1B6C
    keren reviewnya dan emang bener, gak perlu was-was deh belanja disini. Semangat juga ngeblog nya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat gan, udah capek hiatus, rank pada jeblok semua, hehe

      Delete
  6. Saya juga udah nyobain belanja di bukalapak. cepet, aman, dan nggak ribet belanja nya :D
    Salam kenal sebelumnya mas XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, asal pembeli teliti, pasti aman, salam kenal, jangan lupa follow to keep blogwalking ya, jangan lupa centang juga tuh dibawah kolom komen.

      Delete
  7. Saya sedang menunggu nih kiriman buku saya dari Bukalapak

    ReplyDelete
  8. bagi saya buka lapak emang tempat blanja terpercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah sering belanja bang di bukalapak? review in bang

      Delete
  9. Ijin Share & Promot Min :

    [WORO-WORO] ~ ( >>> PokerGT.com <<< ) Adalah Master Agen Gaple Online Terbesar, Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia
    Dengan Pengalaman Di Dunia Gaple Lebih Dari 5 Tahun Serta Telah Melayani Ratusan Bahkan Ribuan Pelanggan Setia Yang Tersebar Di Seluruh Indonesia.
    Pelayanan Cepat Dan Online 24 Jam Nonstop, Proses Depo Dan WD Paling Aman Dan Sangat Cepat.
    Ayo Tunggu Apa Lagi Segera Gabung Bersama Dan Menjadi Salah Satu Bagian Dari Kami Di ( >>> PokerGT.com <<< )
    Dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Anda Sudah Bisa Bertaruh Dalam Meja Dan Memungkinkan Anda Mengumpulkan Poin Untuk Mendapatkan Hadiah Special Yang Sudah Kami Sediakan Untuk Anda.
    ( >>> PokerGT.com <<< ).

    ReplyDelete

Komentar kamu apa?