Tips Mudik Aman dan Nyaman Era 2013

Hi kawan, sebelumnya saya beserta keluarga besar BeritaBangsa, AireLens dan Kertas Kertas Kecil mengucapkan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa


Nah kawan, disini saya akan bercerita dan membagikan tips untuk mudik bagi yang sedang kuliah diperantauan atau kerja diluar kota. Saya harap tips ini bisa bermanfaat agar memberikan kenyamanan serta keamanan ketika berkendara. Atau buat kawan-kawan yang pulang menggunakan angkutan umum agar bisa lebih awas dan waspada ketika mudik.



Tips yang pertama, untuk pengemudi terutama kendaraan bermotor roda dua atau biasa disebut sepeda motor, siapkan fisik secara prima sebelum memastikan untuk berangkat. lakukan persiapan sederhana dengan tidur yang cukup sebelum berangkat (namun mudik paling nyaman bisa dilakukan malam hari), jangan begadang apalagi sampai melakukan aktifitas berat sebelumnya. Jangan paksakan mengemudi jika tubuh kurang fit, karena keluarga dirumah sedang menanti. Tambahan juga dari POLRI nih, periksa kesehatan sebelum mengemudi dan hindari penggunaan obat keras, alkohol, dan minuman penambah energi - tapi kalo dari saya pribadi, meskipun ada efek negatifnya, mengkonsumsi minuman berenergi ketika mudik bisa jadi pilihan (asal jangan jadi kebiasaan sehari-hari - saya sendiri paling ampuh untuk mengatasi ngantuk dengan mengkonsumsi kopi botolan). Namun jika mudiknya dipagi hari atau siang hari, kika merasa lelah atau mengantuk, sebaiknya istirahat dulu, jangan membatalkan puasa lebih awal ya.

Tambahan lagi dari POLRI, kenali dan pelajari rute serta kondisi jalan yang akan digunakan. Hati-hati mengemudi saat cuaca buruk. Patuh dan disiplin terhadap rambu lalu lintas. Siapkan nomor-nomor darurat, khususnya yang di sepanjang jalur perjalanan.  Bawa makanan dan minuman secukupnya. Siapkan obat-obatan pribadi. Bila sakit manfaatkan pos-pos kesehatan yang ada di pemberhentian angkutan. Kenali penumpang di kiri dan kanan anda. Nah untuk yang terakhir, apa perlu kita kenalan terlebih dahulu ya?

Untuk kawan-kawan yang mudik dengan menggunakan angkutan umum, tipsnya sederhana kawan, HARUS AWAS. Kata POLRI, jangan gunakan barang berharga atau perhiasan yang mengundang kejahatan. Tolak pemberian makanan dan minuman orang tak dikenal untuk hindari pembiusan. Simpan barang-barang bawaan di tempat yang mudah diawasi.

Sekian tips mudik yang aman dan nyaman saat libur berlebaran kawan.

2 comments:

Komentar kamu apa?