Menjadi Freelance Di Dunia Maya Itu Sesuatu

ambil dari www.jantoo.com
Menjadi seorang freelance saat ini merupakan sebuah pekerjaan yang sangat beresiko. Pekerja lepas hampir tidak mempunyai badan yang menaungi sehingga terkadang sangat mudah untuk menderita resiko kerugian yang sangat besar. Mungkin beda halnya ketika kita sudah memiliki nama besar dan sudah mempunyai banyak link kebeberapa perusahaan besar, atau paling tidak job yang teratur (masalah pendapatan kali ya).

Terutama jika kita para pekerja lepas tersebut di akuisisi oleh sebuah badan usaha untuk melakukan bisnis outsorcing. Seakan usaha kita hanya mendapat pengakuan yang telah dipangkas sedemikian rupa sehingga banyak kita dengar buruh-buruh outsorcing melakukan demo besar-besaran menuntut kenaikan upah dan menghapus adanya outsorcing tersebut.

Sebentar, ada yang tidak sependapat? Freelance atau pekerja lepas memang tidak semuanya disentuh oleh pihak outsorcing. Tapi tidak mungkin kan ada individu yang berdiri sendiri memberikan kemampuannya untuk bekerja lepas sebagai OB (Office Boy). Nah, semoga ilustrasi ini cukup memberikan kawan-kawan pemahaman dengan apa yang saya pahami. Kalo saya salah, monggo berikan komentarnya kawan :)

Tapi, di era yang penuh dengan kemajuan teknologi ini, dunia baru freelance seakan memberikan banyak peluang kepada kaum-kaum yang hanya saling berhadapan didunia maya. Lewat perangkat kecil dan sokongan dari internet, banyak peluang bisnis yang dapat dikeruk pundi-pundi Rupiahnya. Sebut saja jasa desain web ataupun blog, belum lagi jasa sebagai seorang penulis atau author pada media massa online dan situs-situs tertentu yang membutuhkan. Tidak hanya yang berhubungan dengan dunia maya itu sendiri, sebab dunia maya inipun bisa menjadi ladang promosi dan tempat strategis menampilkan berbagai portofolio kita seperti desain arsitektur bangunan, musik, dan fotografi.

Dunia maya seakan memberikan banyak peluang bagi kita, banyak sekali tempat yang menyediakan sekolah gratis untuk belajar memulainya, diantaranya yang sering saya jadikan panutan adalah ruangfreelance.com. Jadi tunggu apalagi kawan, segera meluncur kesitus itu dan temukan apa yang ingin kalian cari.

Pengalaman saya sendiri sebagai freelance tidak terlalu banyak, pertama kali memasuki dunia ini langsung terjun di dunia online sebagai blog designer dan writer (author pada salah satu blog penjualan online). Untuk mendukung hal tersebut, sebanyak mungkin tampilkan semua portofolio anda di alam bebas dimana semua orang dapat menemukan galeri pribadi anda tersebut.

Oke kawan, sekian dulu BeritaBangsa kali ini, sampai jumpa pada berita kami selanjutnya. Salam Blogger Jombang, salam Blogger Indonesia, jaga selalu toleransi.

4 comments:

Komentar kamu apa?