Kerjaan pertama jadi freelancer

Seminggu ini aktivitas saya tidak jauh dari papan tuts laptop (baca:keyboard). Hampir tiap pagi hingga malam sibuk mengutak-utik koding untuk dapatkan template yang "baik" dan cocok sesuai permintaan klien. Pasalnya kerjaan sebagai freelancer web/blog design and development akhirnya laku juga dengan sebuah tawaran dari klien pertama. Horray.

Saking semangatnya dengan kerjaan pertama ini, kurang makan dan minum jadi isu yang paling penting dan alasan yang benar-benar mengganggu kesehatan. Terimakasih ya Arin, makasih supportnya, karena perhatianmu yang begitu besar dan juga cintamu yang memberiku banyak motivasi (Romantic song playing).

Di berita kali ini saya akan membagi pengalaman saya yang mungkin bermanfaat buat para freelancer baru lainnya.

// Begin

Klien saya tidak lain adalah teman kuliah saya, senior saya. Saat ini dia memulai bisnis rumah makan di kawasan Jombang. Menunya bakso, iga bakar, gule, dan lainnya. Dan mungkin untuk meningkatkan prestise dagangannya dia kemudian menghubungi saya untuk dibuatkan situs online yang memuat berbagai informasi tentang usahanya.

Saya langsung saja mengiyakan tawaran tersebut, dan sebagai seorang freelancer yang baru, sulit rasanya meminta bayaran tinggi di awal, jadi saya kerjakan saja permintaan klien. Yang pertama kali terlintas dibenak saya adalah menggunakan layanan blogspot, desain pun jadi, namun klien terlihat kurang menyukai.

Dia kemudian menunjukkan contoh desain sebuah situs yang juga se-aliran dengan usahanya (Bukan aliran silat kawan :D). Saya akui, desainnya bagus, namun untuk mengiyakan permintaannya, saya masih pikir-pikir, berapa bayarannya ya? Jadi saya tawarkan lagi desain saya dengan template yang lebih sesuai kemauan klien. Dan ya, accepted.

Pembayaran rencananya ketika saya berkunjung kerumah klien, semoga sesuai dengan hasil kerja saya ya. Portofolio berupa skrinsut template menyusul ya kawan. Doakan ini merupakan awal karir yang baik dan terus menerus baik, dengan tantangan yang membangun dan membuat saya jadi pribadi yang lebih ber-ikhtiar dan bersyukur. amien.

// End 

Comments

  1. Pertamax kawan...
    Pertamax nyemangatin sobat,,
    Pertamax ingin kecipratan Ilmu akang.
    Pertamax gan dipakai jangan yang subsidi terus, heheheh
    canda,,

    mantap, selamat sudah menemukan jalan yang sepadan gan, smoga sukse kedpannya,,,
    Ane juga berharap bisa seperti akang, amin...

    ReplyDelete
  2. Matur Nuwun nggih...
    Saya amien-in semua ya...
    Moga the first project ini gk jadi the last project juga...

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?