Proses Instalasi Apache Service Sukses

Pernahkah kawan-kawan mengalami masalah servis apache XAMPP tidak bisa berjalan di Windows Seven? Bahkan tidak bisa di instalasi?

Alhamdulillah, ungkapan rasa syukur yang tidak akan berhenti saya ucapkan sore hari ini. Begini berita dan ceritanya. Jum'at minggu lalu saya mendapatkan tugas untuk membuat program dengan menggunakan PHP. Sampai pada hari senin, XAMPP saya belum mengalami masalah, dan saya takut akan terjadi masalah karena deadline tugas pada hari jum'at minggu ini (XAMPP saya sering error karena servis Apache yang sering mati tiba-tiba ). Dan ketakutan itu terjadi senin malam.

Bermaksud melanjutkan pekerjaan, saya coba mengakses http://localhost/phpmyadmin/, dan mimpi buruk terjadi. Localhost tidak bisa diakses, setelah saya cek ternyata servis Apache mati. Berikut adalah beberapa hal yang membuat stress berkepanjangan yang berakhir indah:
  1. Menjalankan Apache melalui XAMPP Control Panel tidak berhasil.
  2. Menjalankan manual melalui install service di folder xampp juga gagal.
  3. Saya cek di service Apache tidak bisa dijalankan juga, hanya mysql yang berhasil.
  4. Menyelamatkan file htdocs dan instal ulang xampp 1.7.4. GAGAL LAGI. (Sumpah rasanya mau pingsan saja)
  5. Cek ketersediaan port 80, netstat -a -no, yang make ternyata sistem idle.
  6. Pasrah, akhirnya instal OS Ubuntu 11.04, dan memakai LAMPP.
  7. Karena beban yang berat dari 6 tahapan menuju stress diatas, mengatur hak akses ubuntu untuk LAMPP saja sudah tidak bisa.
  8. Akhirnya saya kembali berpikir untuk menyelamatkan servis Apache di Windows.
  9. Hmm...ternyata saya ingat, IIS pernah terinstal di No-Pi (nama laptop saya).
  10. Akhirnya saya coba cari keberadaan IIS dengan menggunakan search.
  11. Ketemu dan saya stop service-nya.
  12. Masuk ke windows feature (search di windows aja klo tidak tahu letaknya, akan muncul turn windows feature on or off).
  13. Matikan IIS.
  14. Finally, Rabu sore ini, stress saya terobati...huahahahaha..


Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi kawan-kawan yang mengalami masalah serupa.

Comments

Post a Comment

Komentar kamu apa?