Berendam di Padusan Pacet

foto sendiri

Sekitar akhir bulan April kemarin, saya kembali melakukan perjalanan wisata bersama kekasih, sudah lama juga saya tidak jalan-jalan bersamanya. Diatas sudah saya jelaskan manfaat mandi air panas kan, nah, maka dari itu, tujuan perjalanan kami adalah Wana wisata air panas padusan Pacet.

Lokasinya sekitar sejam perjalanan dari Jombang, Pacet bisa dijadikan tempat kunjungan wisata yang menyenangkan. Hawa yang dingin dan udara segar jadi bonus buat perjalanan kami. Meski berlokasi didataran tinggi, jalanan tidaklah terlalu menanjak.

Biaya termasuk murah, untuk masuk dengan membawa sepeda motor dan berboncengan (berdua) hanya Rp 13.500, biaya parkir Rp 4.000, disana kita bisa menikmati air terjun dengan berjalan kaki sekitar 15 menit (free). Untuk pemandian kita perlu merogoh saku Rp 5.000 per orang dewasa, didalamnya terdapat kolam air dingin dan panas, ruang ganti dan kamar mandinya bersih. Selain itu, ada juga tempat camping dan outbond, recomended buat wisata keluarga, kami aja berencana rutin sebulan kesana, lumayan juga buat kesehatan kan.

Penyelidikan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan beberapa temuan penting mengenai manfaat mandi air panas :
  1. Para penderita diabetes yang menghabiskan waktu selama setengah jam berendam dalam air suam / hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sebesar 13 %. 
  2. Penelitian di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air panas dapat memperbaiki kesehatan jantung, terutama untuk lelaki. 
  3. Mandi air panas dapat mengeluarkan racun. Mandi dengan air bersuhu antara 32 – 35 celcius dapat membuka pori pori yang dapat membantu mengeluarkan racun toksin dalam tubuh. 
  4. Dapat menyembuhkan sakit otot / pegal. 
  5. Mandi air panas selama 10 – 20 menit dapat menjaga usus besar bekerja dengan baik. 
  6. Terapi mandi air panas dapat membantu mengatasi penyakit kulit. Caranya dengan menambahkan Sodium bicarbonate kedalam air mandi. Sodium bicarbonate akan bertindak sebagai bahan antiseptik. Isikan air mandi dengan sodium bicarbonate lalu berendam didalamnya 10 – 20 menit. 
  7. Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan dari selesma, sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air panas secukupnya sehingga melewati pergelangan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak seperti minyak lavender, peppermint atau lemon. Bilas dengan air dingin. Lakukan terapi ini selama 10-20 menit. (sumber: http://pemanasairsurya.wordpress.com)

Comments