Sayangi Blogmu Dengan Berkendara Secara Aman

sumbernya darimana ya?
Sepintas membaca judul diatas mungkin akan memberi kesan bahwa tulisan yang saya buat dibawah ini bakal membuat kita tertawa, namun pada kenyataannya, ini adalah hal yang sangat serius. Lho...? Lalu apa hubungan berkendara secara aman atau yang lebih kita kenal dengan safety riding dengan blog yang kita punya? Dan itu pertanyaan yang mungkin muncul dari benak anda.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengungkapkan bahwa hingga saat ini kecelakaan lalu lintas masih memegang predikat ”pembunuh” terbesar ketiga di dunia, setelah penyakit jantung dan TBC. Data Kepolisian RI tahun 2009 menyebutkan, sepanjang tahun terjadi sedikitnya 57.726 kasus kecelakaan di jalan raya. Artinya, dalam setiap 9,1 menit sekali terjadi satu kasus kecelakaan. Hal tersebut diungkapkan pada saat membuka Pekan Keselamatan Trasnportasi Jalan IV tahun 2010 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Badan kesehatan dunia WHO bahkan mencatat, hingga saat ini lebih dari 1,2 juta nyawa hilang di jalan raya dalam setahun, dan sebanyak 50 juta orang lainnya menderita luka berat. Dari seluruh kasus kecelakaan lalu lintas yang ada, 90 persen di antaranya terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Kerugian materiil yang ditimbulkan pun mencapai sekitar 3 persen dari PDB tiap-tiap negara. Wow!!!

Maka dari Kondisi inilah yang pada akhirnya memicu PBB untuk mengeluarkan resolusi dengan membentuk Global Road Safety Partnership (GRSP) di bawah pengawasan WHO pada tahun 2006 silam, dengan tujuan utama menekan angka kecelakaan dan tingkat fatalitas yang ditimbulkan terhadap korban-korbannya. PBB juga meminta negara-negara anggotanya untuk membuat kebijakan-kebijakan strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk meminimalisasi jumlah maupun akibat yang ditimbulkan dari kecelakaan lalu lintas.

Nah...jumlah blogger dari Indonesia yang saya ketahui terakhir pada tahun 2010 adalah 3,5 juta orang lebih. Dan jika tiap orang punya lebih dari satu blogger, maka jika yang memiliki akun tersebut menimpa musibah kecelakaan (karena kecelakaan bisa menimpa siapa saja), blog tersebut akan terus bergentayangan tanpa tuan.

Jadi tujuan utama dari apa yang saya tuliskan di blog ini, saya mengajak kita sebagai para blogger yang sudah sangat sering mengakses layanan internet dan punya banyak akses untuk informasi, ayo kita lestarikan keberlangsungan hidup kita dengan selalu mengutamakan safety riding dijalanan tanpa perlu ikut emosi dan ugal-ugalan dijalan raya. (Lebih baik lagi kita sesama blogger nyewa sirkuit sentul untuk memuaskan hasrat balapan, :D), lantas hubungannya dengan banyak akses di internet apa?

Saya jelaskan, informasi mengenai sefety riding sudah sangat banyak didunia maya, dan bisa kita akses kapan pun. Dan secara sadar kita pun sudah tahu bagaimana melakukannya, kita sudah tahu helm seperti apa yang harusnya kita kenakan, kecepatan berapa harus kita kemudikan kendaraan kita dijalanan bahkan seharunya kita (yang memiliki SIM) paham terhadap rambu lalu lintas. Tapi, satu hal yang menjadi masalah bagi kita dan sudah kita pahami juga, membuang pemikiran bahwa "aturan ada buat dilanggar", dan menjadikan diri kita taat hukum karena sebenarnya tidak ada yang salah dengan hukum dan aturan melainkan para oknum yang memang sengaja tidak mematuhinya lah yang membuat kacau tatanan tersebut termasuk tatanan lalu lintas. Dan kesemuanya merupakan hal yang sudah lama menjamur di internet bahkan dikalangan blogger yang mewadahi komunitas motor atau mobil.

Jagalah keselamatan kalian dijalan atau dimanapun itu dengan berkendara secara aman (safety riding). Agar lalu lintas bukan lagi jadi tempat menunggu ajal (yang bahasa seramnya meninggal dunia) melainkan tempat dimana kita menikmati perjalanan kita hingga sampai ditempat tujuan, apalagi kalau kita sedang dalam perjalanan menuju warnet atau daerah dengan area free hotspot untuk sekedar membuat tulisan baru di blog. Wahh...sayang jika akhirnya kita tertimpa musibah dalam perjalanan, karena bukan hanya blog yang terbengkalai, melainkan semua hal yang menanti kita, keluarga yang terutama. Jadi, buat kita para blogger yang masih ingin bercerita ria di blog masing-masing, memetik uang dari blognya dan menyebarkan informasi yang baik dan menarik diblognya, keep safety riding menumpangi kendaraan kita.

Semangat terus blogger Indonesia, tetaplah ber-safety riding untuk terus berkarya di blog kalian!!! :D

Comments

  1. intro tulisannya memang membuat pembaca bertanya2.. apa sih isinya... mateb deh.. pokonya setuju banget! siapa sih yg gak ingin selamat di jalan? jd, ayo dukung safety riding!
    okay, silahkan kunjungi pula postingan sy ttg ESQ for Safety Riding, di:
    http://jimat.blogdetik.com/2011/01/10/esq-tips-for-safety-riding/
    ditunggu komentarnya.
    salam erat dblogger!

    ReplyDelete
  2. iya om...
    kudu slamet neng dalan pokok e...

    ReplyDelete
  3. Ada aja idenya para blogger Indonesia. Mangkanya, selamatkan nyawa kalian dengan safety riding, agar blog kalian tidak menjadi blog tiri.
    He he... Piece, Bro.... eh, non....

    ReplyDelete
  4. tulisan yang sangat mencerahkan... selamat berkontes mas.. semoga sukses.. :)

    ReplyDelete
  5. oye...doakan menang kawan...hwahaha...(serius lho doain)

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?