Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dan Ngetik Sembarangan

keyboard laptop yang kotor dan merusak
Nggak ada angin nggak ada hujan, keyboard laptop yang awalnya baik-baik saja tiba-tiba error, beberapa key-nya nggak bisa berfungsi dan beberapa lagi ngetik salah alamat. Mau ngetik I malah munculnya M, mau ngetik A malah nggak muncul apa-apa, dan itu terjadi secara tiba-tiba dan terkadang bener-bener sendiri.

Saya mau bagi pengalaman saya sendiri soal ini. Keanehan atau kerusakan seperti ini juga kadang terjadi pada laptop yang lama tidak dipakai, keyboardnya tiba-tiba rusak. mungkin ada tiga kali saya menjumpai yang begini ini dan baru hari ini saya menemukan solusi yang entah itu beneran solusi atau cuma kebetulan.

Disini saya bagi tiga bagian sebelum akhirnya menemukan solusi kebetulan tadi.

Pertama, ada huruf yang kalau ditekan kadang bisa kadang tidak bisa. Kalaupun bisa, dia diikuti oleh karakter lain yang kita tidak inginkan, misal ngetik I jadi Immmmmmmm atau ngetik A jadi Ammmmm. dua key tadi ketika saya bongkar tidak ada yang aneh, masih bersih.

Kedua, ada key yang tidak muncul sama sekali. Nah, kalau ini saya curiga memang sudah rusak, tapi masa iya sih mereka rusaknya barengan dan tiba-tiba. Ketika saya bongkar pun nampak masih bersih, masih kinclong.

Ketiga, saya curiga dengan huruf M. Kenapa tiap kali saya mengetik pada key yang hidup segan mati tak mau seperti I dan A, sekalinya bisa M selalu ikut-ikutan muncul. Saya coba juga ketik M, dia terkadang dijalan yang lurus, muncul M, tapi terkadang terlalu semangat jadi MMMMMMMMM. Saya bongkar, ternyata terlihat sangat kotor, saya usel-usel dan saya tarik keatas secara perlahan karetnya dengan asumsi karetnya mungkin menempel terus sama papan keyboardnya. Walhasil, semua masalah di poin pertama dan kedua hilang seketika.

Ada kemungkinan key M tadi habis kejatuhan sesuatu yang membuatnya sangat kotor dan bikin key yang lain agak bermasalah. Untuk membersihkannya saya belum punya solusi pasti, karena karet dan papannya nggak bisa dipisahkan begitu saja, nggak seperti keyboad terpisah yang punya Desktop itu.

Saya jadi penasaran dengan beberapa laptop lain yang punya masalah seperti itu, apa cara ini berhasil ya? Kalau kamu punya masalah yang sama, solusi ini cocok nggak? atau kamu ada solusi lain.

Comments

Post a Comment

Komentar kamu apa?