Kacamata Pertama di Saku Jaket

ambil dari freepik, bukan bajakan

Kacamata pertama cuma bertahan kurang dari dua bulan, gara-gara teledor. Kacamata itu saya taruh di saku jaket, lalu jatuh waktu perjalanan ke kantor. Biasanya saya simpan di kotak penyimpanannya, tapi nggak tau hari itu bisa sampai saya taruh di saku jaket.

Seminggu setelahnya saya selalu mengendarai motor dengan pelan ketika berangkat kerja, siapa tau ketemu sama sisa-sisa reruntuhan Kerajaan Majapahit, untung-untung kalau utuh, atau siapa tahu ada yang manggil-manggil "Mas, ini Kerajaannya ya? kemarin jatuh aku teriak, masnya udah jauh."

Kalau ada yang salah, mohon dimaafkan.

Saya jadi berandai-andai, kalo saja ada aplikasi yang bisa jadi tempat ngelaporin barang hilang. Terus yang kehilangan barang tinggal cari barangnya di aplikasi tersebut. Ah, jadi muncul ide nih, jadi gini, "eh ayo duduk manis semuanya, disimak, siapa tau ada yang tertarik buat bikin, nanti bisa dibeli sama Google lho, HA HA HA."

Pertama, aplikasi tersebut adalah aplikasi web, kenapa web? karena biar gampang diakses, tinggal buka browser, akses situsnya. Di instal pada sebuah perangkat pun malah habis-habisin memori, kan mubazir. Lagipula nggak setiap saat dibutuhin, kalau bisa malah nggak usah dipake.

Kedua, usernya akan ada dua, advertiser dan influencer. Advertiser itu yang kehilangan barang, influencer itu yang nemuin barang. Eh, sepertinya typo lagi. Tapi intinya sama, ada yang nemuin, ada yang kehilangan.

Lanjut, aplikasi ini cukup berupa peta. Bagaimana dengan cara kerjanya? ini yang menarik.

Orang yang nemuin barang tinggal pilih area tertentu pada peta tempat dimana dia nemuin barang tersebut, tinggal isi keterangan barang yang hilang dan kontak yang bisa dihubungi oleh pemilik. Terus bagaimana cara orang yang kehilangan barang bisa nemuin barang yang dia punya (tentu dengan syarat barang yang dia punya sudah ditemuin oleh orang dan orang itu post barang itu lewat aplikasi khayalan itu).

Caranya mudah dan keren, orang tersebut tinggal pilih area tertentu pada peta, bisa dengan memilih ruas jalan tertentu atau bahkan memilih satu kabupaten. Setelah itu, tinggal tugas dari si aplikasi yang akan melakukan proses matching antara deskripsi barang yang ditulis oleh si yang kehilangan barang dengan deskripsi barang yang ditemuin oleh si penemu pada lokasi yang sama (seperti intersection pada diagram venn).

kalo ada yang match, aplikasi akan mengirim notifikasi pada si yang kehilangan barang via email bahwa ada barang ketemu yang cocok dengan barangnya yang hilang beserta kontak si penemunya. Tinggal dihubungin aja kan, terus pintar-pintar si penemu untuk memastikan yang ngehubungin dia adalah orang yang benar-benar punya tuh barang, kalo udah bener, tinggal nego dan COD, HA HA HA, nggak ikhlas banget.

Gimana idenya? gak jelas ya, ya sudah, yang penting sudah sempetin baca sampai habis. Nanti situsnya tinggal dikasih nama, BarangHilang.com. Saya sih mau bikinnya, tapi nggak sempat-sempat, jadi tulis disini saja, siapa tau ada yang mau bikin, entar terkenal lho kayak Go-Jek.

Eh, kalau ada yang nemuin kacamataku, tulis di kolom komentar ya.

Comments

  1. bagus nie idenya, yuk kerjain bareng.. gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. bang puput aja bikin, hehehe, lagi develop yg lain soalnya, emang keren ye bang? kalo bikin ginian harus gede juga promonya

      Delete
  2. Kalo yg nemuinnya g kasih tw gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, berarti aplikasinya buat mereka yang mau balikin aja bang.
      Bang niki kayaknya gak bakal pake ni aplikasi kayaknya, hahaha

      Delete
    2. hahaha, ketahuan kalo bang niki adalah orang hilang yg ga pengen ditemuin, eh

      Delete
  3. Yah gan kaca mataku aja belum ketemu2... padahal aku dibeliin itu sama orang spesial...

    kalo gue nemu ya buat gue aja ya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?