Liburan Sehari di Jogja ala Backpacker Hemat

foto sendiri di janti flyover
foto sendiri di janti flyover
Hi kawan, kita ketemu lagi. Kali ini saya ingin bagi-bagi cerita soal perjalanan saya ke barat, wisata ke jogja bareng sama partner seumur hidup saya. Nah, tema wisata kali ini adalah hemat, wisata dengan budget seadanya, hahahaha. Perjalanan dimulai sejak keberangkatan kami dari jombang. Tepat pukul 22:45, kami menaiki bus sugeng rahayu menuju jogja. Nah, ketika naik bis ini saya bingung, berdua tapi bayar 40ribu, untung kali ya. Hahahaha lagi.

Setelah 5 jam perjalanan dengan bus, akhirnya kami tiba d jogja, tepatnya jalan janti pukul 4.00. Banyak yang kasih saran buat turun d jalan janti ketimbang masuk sampai terminal giwangan, sebab lokasi terminal yang agak jauh dari akses umum.

Tujuan pertama kami adalah pom bensin 100 meter dari lokasi kami turun tadi. Bersih-bersih dan sholat. Sembari menunggu hari mulai terang, kami melanjutkan perjalanan untuk beli sarapan. Menu sarapan pagi ini nasi telor dan nasgor plus minum teh hangat. Akhirnya perut sudah terisi penuh kembali. Kami sempat foto-foto disekitar flyover, kebetulan tembok didinding jembatan gantungnya dipenuhi dengan gambar gravity yang menarik.

Untuk liburan kali ini, kami sengaja tidak membawa kendaraan pribadi. Beberapa hari sebelumnya kami sudah booking motor untuk disewa selama satu hari dari pamitran, harganya cukup terjangkau, 50ribu rupiah. Dengan syarat ktp dan ktm asli, kami sudah dapat berkeliling jogja dengan matic yang nyaman.

Geberan pertama kami arahkan ke bagian utara jogja, daerah letusan merapi. Pemandangan pegunungan dan udara yang dingin sangat dominan. Namun sayang, pembayaran harus berbelit-belit. Mulai dari tiket masuk yang dikenakan per orang dan kendaraan, namun didalam masih harus dikenakan biaya parkir, belum lagi biaya sewa motor dan jeep.

Setelah kaliurang, kami lanjutkan kebagian paling selatan, pantai parangtritis. Lumayan jauh perjalanan, namun pemandangan yang didapatkan ketika sampai rasanya setimpal. Sepulang dari pantai parangtritis, kami lalu mengelilingi jogja mulai dari ring road selatan, barat kemudian utara. Perjalanan yang sangat jauh dan menyenangkan. Langit Jogja sore itu sangat bersahabat, meski terlihat sedikit mendung, namun hujan tidak juga turun.

pantai parangtritis keren
parangtritis
Sekembalinya dikota, kami mengunjungi masjid gede dan alun-alun disekitar keraton untuk sholat dan bersih-bersih badan. Karena lapar, kemudian kami membeli makanan di jalan malioboro, harganya fantastis, dua porsi bebek goreng dengan harga 50ribu, namun sebandinglah dengan rasanya (gak jadi hemat :3), kami lalu kemudian berbelanja oleh-oleh kaos disekitar malioboro.
Masjid Gede Jogja Keren
Masjid Gede Jogja
Pukul 21.00 malam, kami sepakati untuk janjian dengan pihak pamitran untuk mengembalikan motor. Jam 22.00 kami pulang dengan bus ke jombang. Perjalanan pulang kali ini sangat menegangkan dan mengasyikan. Tips buat kawan-kawan yang ingin menguji adrenalin, duduk dikursi paling depan dan menikmati sensasi ngebutnya bus, recommended. Sekian kawan.

Comments

  1. Replies
    1. banyak banget spot wisatanya bang, mulai wisata alam, budaya sampek rohani ^^

      Delete
  2. Kalo beli makan di lesehan memang mahal. Kenapa gak ke angkringan saja? jauh lebih hemat. Masih ada borobudur, prambanan, kraton, wisata merapi.

    Favoritku malah coklat Monggo.... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gak kepikiran ya di angkringan, soalnya sekalian belanja di malioboro...

      coklat monggo apaan?

      Delete
  3. walaaah maaas, dari dulu saya pengennya itu backpackingan ke Jogjaaa,
    mas nya bikin ngiri aja niiih..
    btw, karena saya baru ini mampir, izin ngubeg2 isi blognya ya,
    ditunggu follbacknya lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan bikin rencana dan nyiapin kelamaan mas bro, ada kesempatan langsung cabut :D

      keep blogwalking mas bro...

      Delete
  4. Kalau mau hemat, harusnya makan sego kucing aja dijamin hemat poll :D

    ReplyDelete
  5. Berangkat malem ya dari jombang??
    trus pulangnya dari sana malem juga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nis, ga perlu nginap, tidurnya dibus..
      tapi d bus juga kagak tidur, menikmati bus Sugeng Rahayunya ngebut...hohohoho

      Delete
  6. salam kenal sewa mobil, kapan2 kalo ke jogja kami rent mobilnya ya..

    ReplyDelete
  7. Tips nya bagus banget untuk saya yang suka berwisata,
    thanks gan :D

    ReplyDelete
  8. Terima kasih kak sudah berbagi informasinya..

    Bisa jadi referensi ini kak

    Sukses selalu

    ReplyDelete
  9. Tulisannya keren, gaya menulisnya sangat unik... terima kasih sudah bersedia berbagi cerita menarik... Salam kenal dari saya Pakar SEO

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?