Pesona Sejuta Wisata di Sulawesi Selatan

Kawan, lagi bingung ingin menghabiskan waktu liburan yang panjang? Nah, tepat sekali kawan-kawan berada disini. Saya ingin berbagi informasi wisata yang pastinya sangat menarik dan lengkap. Kali ini saya akan memperkenalkan daerah tujuan wisata yang sudah sangat terkenal dan sangat beraneka ragam yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan. Rasanya tidak akan cukup masa liburan kita untuk dihabiskan di Sulawesi Selatan. Banyaknya ragam wisata mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, kuliner dan wisata-wisata lainnya akan sangat membuat para wisatawan yang pernah datang menjadi ketagihan. Nah kawan, berikut ulasan mengenai obyek-obyek wisata yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan.

WISATA ALAM
Obyek wisata alam di Provinsi Sulawesi Selatan bisa dikatakan sangat melimpah ruah, beberapa diantaranya telah dikelola dengan sangat baik seperti Air Terjung Bantimurung, Pantai Losari, Pantai Tanjung Bira serta Danau Tempe.

Air Terjun Bantimurung sebenarnya terletak pada kawasan Taman Nasional Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan. Pemandangan yang cantik dengan didominasi bukit kapur serta karang yang terpahat di sepanjang perjalanan dan lokasi kawasan Taman Nasional Bantimurung ini menambah keindahan dan pengalaman perjalanan yang begitu menarik. Didalamnya mengalir air sungai yang jernih yang penuh dengan rerimbunan pohon dan batu-batu kapur yang merupakan terusan dari air terjun Bantimurung. Seperti yang terlihat pada gambar, air terjun Bantimurung berbentuk landai dengan dasaran batu keras yang membuatnya terlihat unik dan indah. Selain Air Terjun Bantimurung, terdapat banyak sekali kupu-kupu dengan beragam jenis yang kemudian menjadikan kupu-kupu sebagai ikon di Taman Nasional tersebut terlihat dari patung kupu-kupu raksasa di pintu masuknya.

Pantai Losari merupakan pantai yang terletak disebelah barat Kota Makassar. Pada tahun 2006 pantai ini mendapatkan pemugaran dan renovasi yang membuatnya terlihat lebih menawan. Kawasan pantai losari selalu terlihat ramai dikunjungi, untuk sekedar melepas penat dengan duduk santai di anjungan pantai. Pemandangan paling indah adalah ketika matahari terbenam, suasana langit senja yang menawan terhampar dari ujung ke ujung mata yang memandang serta dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat para wisatawan betah berlama-lama menikmatinya.

Pantai Tanjung Bira terletak di Kota Bulukumba, sekitar 200 km dari Kota Makassar. Pantai bukan lagi tujuan wisatawan domestik saja, keindahannya telah tersebar hingga ke mancanegara. Pesona alam yang menawan dengan pasir putih yang membentang dan air laut yang begitu jernih begitu memikat mata. Ditambah dengan graduasi warna air laut dari biru muda ke biru tua yang begitu indah. Kawasan pantai pun telah dikelola dengan baik dengan melengkapi sarana prasarana bagi para wisatawan untuk menambah kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

Danau Tempe merupakan kawasan wisata yang terkenal juga sebagai danau penghasil ikan air tawar terbesar di dunia karena menyimpan banyak sumber makanan ikan yang diperkirakan karena letak Danau Tempe yang berada pada pertemuan lempeng Australia dan Asia. Di danau ini terdapat banyak rumah terapung milik nelayan yang biasa disewa wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Masyarakat sekitar juga sering kali mengadakan festival kebudayaan yang unik setiap tanggal 23 Agustus yang disebut Maccera Tappareng (mensucikan danau).

Sumber gambar : http://jendelakamu.blogspot.com/ 

WISATA SEJARAH
Provinsi Sulawesi Selatan memiliki sejarah yang sangat banyak, mulai dari zaman kerajaan hingga zaman pengusiran penjajah. Sehingga banyak sekali peninggalan bersejarah yang ada di Sulawesi Selatan yang diantaranya adalah Makam Sultan Hasanuddin dan Benteng Soba Opu.

Makam Sultan Hasanuddin berada pada kompleks pemakaman raja-raja Gowa di Katangka Somba Opu Gowa Sulawesi Selatan. Bersama dengan makam seorang Raja yang pertama kali menyebarkan agama Islam di Kerajaan Gowa, Sultan Alauddin. Pada makamnya terdapat catatan yang berbunyi bahwa Sultan Hasanuddin lahir pada tahun 1629, menjadi raja tahun 1652, meletakkan jabatan tahun 1668 dan wafat tanggal 12 Juni 1670. Dimakamnya juga tertera nama Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe Mohammad Bakir yang merupakan nama kecil dari Sultan Hasanuddin.

Sumber gambar : http://www.skyscrapercity.com

Benteng Somba Opu terletak di jalan Daeng Tata, Kota Makassar dan merupakan saksi bisu dari perjuangan Sultan Hasanuddin dalam mengusir penjajah. Pada tanggal 24 Juni 1669, benteng ini dikuasai oleh VOC. Pada tahun 1980-an, benteng ini ditemukan kembali oleh sejumlah ilmuan setelah hancur dalam sebuah serangan. Pada tahun 1990 bangunan benteng direkonstruksi dan menjadi obyek wisata museum bersejarah.

Sumber gambar : http://travel.indoprofile.com

WISATA BUDAYA
Adu Betis (Mappalanca) sebenarnya merupakan permainan rakyat yang dilaksanakan untuk menyambut masa panen oleh masyarakat Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Adu Betis hanya dilakukan oleh kaum pria, baik tua ataupun muda untuk menunjukkan kekuatan mereka. Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia bertepatan pula dengan selesainya masa panen yaitu di bulan Juli. Bagusnya lagi, kegiatan ini telah dikelola dengan baik sebagai tontonan yang menarik serta gratis bagi wisatawan yang ingin menyaksikannya.

WISATA KULINER
Coto Makassar merupakan makanan khas yang sepintas terdengar mirip dengan soto pada umumnya. Namun makanan istimewa ini menawarkan hidangan yang jauh lebih unik dan sungguh nikmat khususnya bagi penggemar jeroan, karena hampir sebagian besar bahan utamanya adalah jeroan daging sapi yang diolah bersama puluhan rempah-rempah. Dihidangkannya pun bersama ketupat ataupun Burasa yang empuk, sungguh menggiurkan. Bagi sebagian orang, kuliner ini dipercaya sebagai nenek moyang dari soto yang kita kenal saat ini.

Sumber gambar : http://images.detik.com

WISATA OLAHRAGA
Arung Jeram Sungai Sa'dan terletak di Tana Toraja, dan merupakan surga bagi penggemar olahraga air ini. Sungai Sa'dan sendiri panjangnya mencapai 182 km dengan lebar sungai rata-rata 80 meter serta suguhan pemandangan yang sangat indah. Kelas jeram di sungai ini adalah tingkat 4, yaitu cukup sulit sehingga tidak hanya dibutuhkan keberanian namun juga kepiawaian. Untuk sampai ke titik awal jeram dibutuhkan waktu sekitar 3 jam menggunakan jam dari Rantepao. Untuk kenyamanan dan keamanannya tidak perlu dicemaskan, sebab dikelola oleh operator yang berpengalaman yaitu Indo Sella Expedition dan Sobek Expedition.


Sumber gambar : http://images.detik.com

WISATA KERAJINAN
Pusat Kerajinan Perahu Pinisi terletak di Kelurahan Tana Beru, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Disini wisatawan dapat melihat keterampilan yang sangat memukau dari para pengrajin dalam membuat Kapal yang sudah sangat terkenal menjelajahi dunia pada masa lampau. Untuk dapat melihat aktivitas para pengrajin, wisatawan tidak dikenakan biaya.

Sumber gambar :  http://wisatasulawesi.wordpress.com   

Sentra Kerajinan Sutra yang terkenal hingga kemanca negara tidak lain adalah sutra produksi Wajo yang berada di Kabupaten Soppeng. Disini para wisatawan dapat melihat langsung pembuatan kain sutra, mulai dari pembibitan ulat sutra yang dilakukan di kebun murbei hingga proses penenunan kain sutranya.

Sumber gambar : http://indotimnet.wordpress.com   

WISATA DESA
Kota Kalong berada di Kota Watan Soppeng Kabupaten Soppeng. Kota ini merupakan kota yang sangat teduh karena hampir disepanjang ruas jalan terdapat pepohonan yang rindang. Dipepohonan itulah bergelantungan kalong. Menjelang maghrib hewan-hewan tersebut berterbangan menutupi langit untuk mencari makan Begitu pula ketika subuh tiba, hewan-hewan ini kembali bergemuruh di langit kota ini untuk kembali ke sarangnya. Fasilitas untuk wisatawan seperti penginapan akomodasi dan lainnya sudah tersedia di kota ini. Selain pemandangan kalong ada pula obyek bersejarah lain seperti Villa Yuliana, Istana Datu Soppeng, Makam Jera Lompoe, Rumah Adat Sao Mario, Pusat Sutra Alam Tajuncu serta permandian alam Air panas Lejja Ompo dan Citta.

Sumber gambar : http://indotimnet.wordpress.com
Nah kawan, itulah sejuta pesona wisata di Sulawesi Selatan yang bisa kalian nikmati untuk menghabiskan masa liburan yang panjang. Masih banyak wisata lain yang bisa kalian temui disini. Langsung saja kawan, segera cari tahu dan catat informasi mengenai tempat wisata yang mau kawan-kawan kunjungi. Selamat berlibur dan jangan lupa berbagi cerita. :)

Comments

  1. wah tempat wisatanya kyknya keren tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mampir ke Sul-Sel, kunjungi semua tempat2 itu kawan, dijamin pengalaman tak terlupakan deh...

      Delete
  2. sulawesi selatan memang sangat kaya dengan potensi wisata yang menarik , selamat berlomba kawan..salam sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam sukses kawan...
      iya kawan, klo dikamppung saya di palattae, ada juga dam yg bagus sekali pemandangannya, sayang gak ada sumber yg bisa dimintai infonya...hehe

      Delete
  3. coto makasarnya itu loh... menggoda sekali,,,
    nice review..

    sukses ya

    senang bisa bergabung
    Berkunjung juga Ke Blog saya juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...silahkan dinikmati coto makassarnya...sudah tersebar diberbagai penjuru kawan...

      Delete
  4. bener2 tempat wisata yg menarik, sering loh saya liat itu diliput di tv, tapi yg sayaa sering dengat itu ya Pantai Losari :D

    thanks infonya mas, semoga selalu tempat wisata Indonesia terjaga kelestarian dan kebersihannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane terakhir k pantai losari tahun lalu..tempatnya asyik buat hangout...udah ditata rapi..

      Delete
  5. Wow what a weblog i am so inspired here can you discuss here, i am back again again to your site as soon as possible and i have lot of collection for you just click here for more information.



    Technewsinfo

    Technews

    Tech news

    Tech

    ReplyDelete
  6. Taman Prasejarah Leang-Leang dengan berbagai peninggalan warisan budaya dari masa pra sejarah, bahkan taman ini tercatat sebagai salah satu World Heritage yang ditetapkan UNESCO ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren banget dong, diakui dunia tpi hampir sebagian besar dari kita gak tw, termasuk ane nih...hehe

      Delete
  7. Kalau ke Makassar mah ga cukup ngicipin Coto aja, masih ada Konro Bakar, Sop Konro, Palu Butung, Es Pisang Ijo, Pisang Epe, Sop Sodara, seafood, dan masih banyak lagi yang lainya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang :D
      berhubung disana kampung halaman saya, jadi udah pernah semua bang :D

      Delete
  8. mantap, sulawesi emang menarik untuk berwisata.
    kunjungi berita wisata unik di minangkabau Sumatra Barat

    ReplyDelete
  9. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.
    Selamat Siang,
    setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya udah terlambat ya gan, maklum pengantin baru, hehehe

      Delete
  10. Daftar tempat wisata dan artikel wisata dapat anda baca di wistaindonesiaraya.com
    Daftar batik yang ada di Indonesia dan artikel tentang batik dapat anda baca di tentangbatik.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?