Blogger Minta Klak-Klik

Kawan blogger, ikutan penyedia iklan buat blog kita nggak? itu lho, yang menyediakan iklan PPC, PPA dan semacamnya untuk blog kita. Kita pastinya menyediakan tempat di blog kita buat disisipin slot iklan tersebut, tapi jangan kebanyakan dan jangan sampai mengganggu pembaca, karena biasanya pembaca bakalan kabur karena kerepotan menutup slot iklan pop-up ataupun karena loading halaman blognya yang jadi lelet, belum sempat baca dah bosan duluan. Tapi emang ada blog yang sengaja dibuat cuma buat majang iklan, sukur-sukur ada yang klik iklan tersebut, konten dibaca ataupun nggak urusan belakangan.

Nah kawan, akhir-akhir ini saya sering lihat di forum ataupun di akun jejaring sosial si penyedia layanan tersebut, banyak publishernya (kebanyakan blogger) yang mengeluhkan iklan yang tidak muncul, jumlah klik yang tidak sesuai, pendapatan yang kurang, PO (Pay Out) yang telat juga, duh duh. Banyak timbul pertanyaan yang muncul dipikiran saya, dan kebanyakan adalah tanggapan miris tentang hal tersebut.

Memang sih banyak yang ingin menjadikan blog atau situs mereka sebagai tempat bisnis dan ladang penghasil uang, tapi setidaknya kita balik lagi tentang apa sih tujuan kita nge-blog. Pendapat saya nih kawan, saya rasa kita awalnya menulis atau majang foto, video di blog buat di-share bukan? Namun semenjak ada penyedia iklan, yang semula cuma hobi, ternyata kita bisa dapat uang dari nge-blog, tapi kebanyakn blogger menanggapinya dengan sibuk ngurusin SEO biar traffic tinggi dan jumlah iklan dan iklannya naik (walaupun nggak semuanya juga, yang tidak merasa jangan tersinggung, cukup yang merasa saja deh, hehe). Sayangnya konten mereka jadi terabaikan, malahan hampir blog mereka penuh dengan iklan disana-sini.


Saya rasa kita patut bersyukur dan bukannya terlalu banyak protes ke penyedia iklan tersebut. Sembari menulis, eh tiba-tiba dapat tambahan receh di rekening. Terkadang saya bingung dengan ulah publisher, kata mereka "saya sudah capek-capek nyediain slot di blog, eh malah iklan kagak nongol (dan lain sebagainya)", gampang menurut saya, kalo emang kagak tahu aturan main si penyedia iklan (bahasa kerennya TOS, baca: Term of Service), dan merasa dibohongi, kenapa tidak sekalian dilepas aja tuh slot iklan, kan beres. (maafkan kata-kata saya ya kawan, cuma pengen berpendapat nih, ahihihi)

Nah, sebelum kita tertular dengan virus yang membuat kita justru mengabaikan blog kesayangan kita. Tata kembali niat kita untuk nge-blog, kalau memang ternyata anda nge-blog untuk mencari rezeki, jadikan iklan sebagai tambahan saja, cari bisnis yang bisa kalian optimalkan lewat blog. Banyak yang bisa kita lakukan lewat media blog untuk mendapatkan rezeki bukan, semoga kita bisa menjadi blogger Indonesia yang lebih baik.


Salam blogger Jombang.


Eits...jangan terlalu sering klak klik iklan sendiri ya, awas ketahuan lho...hehee
sumber gambar: 9gag.com

Comments

  1. kalo ane mah mending cari uang lewat jalan yang pasti2 aja LOL

    ReplyDelete
  2. oh ane tahu itu jalannya om, pasti diperempatan alun2, belok kanan trus kiri trus kanan lagi kiri lagi kanan lagi kiri lagi kanan lagi kiri lagi kanan lagi kiri lagi kanan lagi kiri lagi kanan lagi kiri lagi kanan lagi kiri lagi kanan lagi...

    huh huh huh...capek om, gk ketemu2...

    ReplyDelete
  3. Blog ane bebas dari iklan..

    Salam blogger...

    ReplyDelete
  4. haha ... udah ada di depan mata, ngapain jalan lagi LOL

    ReplyDelete
  5. @Fajar: moga dibangun juga jalan bebas hambatan ke situs ente ya...hehe

    @Terro: maklum tangannya kagak nyampe om...

    ReplyDelete
  6. hkhkhkhkhkhkhk iklan ane aja kadang default2 terus sobaat :-)
    bgus ne tutorial nya sob :-)

    ReplyDelete
  7. ni juga bukan tutorial kali om..duh duh...
    ane kadang muncul om, di postingan tertentu..

    ReplyDelete
  8. hoho paling males kalo mampir ke blog yg isinya iklan berterbangan :/ , salam kenal thanks udah mampir ke blog jelek ane :o

    ReplyDelete
  9. @batik: keren tuh mas, manfaatin media online sebagai pasar...

    @mbah: jangan merendah toh mbah, blog mbah keren banget..

    ReplyDelete
  10. blog ane anti iklan apapun... :D
    oh ya salam kenal gan :D

    ReplyDelete
  11. salam kenal kawan, klo ane tetep pasang, biar nambah uang saku...

    ReplyDelete
  12. Hobi ngeblog trus dapet penghasilan bikin semangat :)
    Contohnya kayak pemain bola, om Beckham kan hobi sepakbola. Nah, dari hobinya dia dapet penghasilan
    Dan sekarang jadi sepak bola profesional.
    <-- Ini ngapain ngomong sepak bola XD

    ReplyDelete
  13. hehe, ntar ane jadi blogger profesional, tpi bukan dapet bayaran dari iklan, tpi bayaran karena di undang sana sini... **ngarep, amien...

    ReplyDelete
  14. Memang sebahagian publisher tidak tau bagaimana susahnya mengajukan proposal kepada advertiser, bagaimana lelahnya membujuk advertiser supaya mau beriklan. kenapa publisher banyak mengeluh? ini karena banyaknya Program PPC yang tersedia (publisher jadi mempunyai banyak pilihan), jadi pihak fasilitator (Pengelola PPC) juga harus bersaing dengan PPC lainnya. Bagaimanapun juga Penghasilan fasilitator juga berasal dari iklan-iklan yang di click di blog publisher. Yang mengherankan memang publisher yg banyak bacot, tapi tdk mencopot banner/slot iklan yg di protesnya :) kalau ane santai aja.. kalau slot iklan suatu PPC tidak muncul, ya ane copot aja utk sementara sampai iklan berbayarnya muncul. Tinggal pasang PPC yg lain dan mengatur posisinya :)

    ReplyDelete
  15. oke kawan, tips dan komentar yang wah...hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?