Hemat ala anak kontrakan gimana sih?

Kira-kira pembaca setia blog saya ada nggak yang tinggal nge-kos atau kontrak? Kalo ada, pernah gak ngalamin jatah uang bulanan yang keburu habis di pertengahan bulan? Nah, kalo sudah begitu, apa yang kalian lakukan buat mempertahanin sisa isi dompet yang nafasnya sudah kembang kempis? Bagi-bagi cerita yuk.

Ada wabah yang muncul secara tiba-tiba dipertengahan bulan bagi mahasiswa seperti saya ini. Kanker, ya inilah wabah yang menakutkan tersebut (Kanker, baca: KANtong KERing). Virus ini mulai mewabah ditubuh saya semenjak kuliah, ketika itu orang tua mutusin untuk ngasih jatah uang makan dan lainnya diawal bulan. Karena belum sempat tahu bagaimana mengatur uang secara benar dan bertanggung jawab, maka akhirnya uang yang tadinya buat jatah perbulan jadi kempis ditanggal-tanggal muda, alamak bingungnya. Kalo udah begitu biasanya jalan keluarnya cuma satu, mengganti makanan pokok yang sebelumnya nasi menjadi mie instan.

Cara ini mungkin berhasil untuk menyelamatkan dompet saya dari kehabisan oksigen, tapi ternyata tidak berhasil untuk menyelamatkan kehidupan saya yang juga ternyata butuh energi besar disetiap aktivitas hariannya. Saran saya buat kawan-kawan yang belum terlanjur makan mie instan, daripadi ganti nasi jadi mie instan, mending makan ubi aja. Bisa dibakar bisa direbus, hehe. (Bukannya ngasih solusi biar uang awet toh, haladalah...)

Ditelisik lebih jauh tentang penyebab utama wabah ini sebenarnya sangat sederhana, tinggal bagaimana kita mengatur perekonomian pribadi kita dengan rapi dan menerapkannya secara disiplin. Tapi yang namanya mengatur keuangan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan ya, (cheers for my mom at home). Biarpun saya sendiri sudah mengatur pembagian uang, sampai menyelipkan uang biar nggak ikut terangkut diwaktu dimana seharusnya dia belum terpakai tapi tetap saja nasib naas menimpa uang tersebut. Bulan ini saja, jatah uang yang saya simpan buat 2 minggu ini udah tinggal seperempat di pertengahan minggu pertama (Huuuaaaaa....)

Duh duh... *nepuk dahi*

Yuk share, bagaimana kalian menerapkan pola hidup hemat dengan baik dan disiplin, serta pengalaman kalian ketika terlanjur terjangkit KanKer.

Comments

  1. jadi inget pas kuliahan. mesti rajin2 silaturahim. ini juga bisa untuk trik hemat. semakin banyak silaturahim semakin bnyak tempet makan, ato setidaknya ditawarin makanan. lumayan kan. pagi siang sore dateng ke rumah target sesuai jam waktu makan. hahahahaaa... sip kan. ditunggu kunjunganya

    ReplyDelete
  2. Hehehe...
    tips nya enak tuh, tapi pada kebanyakan yg kanker juga nih sesama mahasiswa disini..

    ReplyDelete
  3. bisa buat jadi cerita nih, ini mieku, mie kamu>

    ReplyDelete
  4. hehe..iya juga om...penyelamat kantong di detik2 terakhir...

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?