Bingung Menulis Blog? Mampir Yuk

Kawan blogger mungkin sering mengalami yang namanya macet ide saat ingin membuat tulisan terbaru diblognya, atau mungkin kawan blogger sebenarnya sudah mempunyai ide apa yang mau ditulis tapi terkadang bingung menuangkan kalimat apa yang harus ditulis lewat papan keyboard. Nah kawan blogger, saya punya tips-tips menarik yang mau saya bagikan disini, tips ini saya pilih-pilih dari berbagai sumber plus dari saya sendiri.
Kita simak barengan yuk, nih dia tips dan trik cara menulis di blog  kita. (olga & rafi "dahsyat". yuk bilang Cekidot!!!)
  1. Peka terhadap sekitar. Ini penting buat penulis untuk memberikan ide yang segar tiap saat dan kapanpun. Apapun konten yang mau kita tulis, kepekaan penting untuk menjadi bumbu perasa buat tulisan kita.
  2. Tulis hal yang menarik, dan jangan takut. Jika ada hal yang menarik untuk ditulis, langsung tulis, jangan takut untuk mengambil resiko. Namun upayakan tulisan kita tetap mengikuti norma yang berlaku dan tidak menyinggung SARA, dan yang terpenting JANGAN DITUNDA, minimal bikin draft di ponsel jika tidak berada diposisi memungkinkan untuk membuat tulisan.
  3. Menulis seperti mengobrol. Terkadang kita berada dalam posisi kehabisan kata-kata untuk ditulis. Lalu kenapa tidak kita tulis saja "enaknya nulis apaan ya?". Sebagian orang pasti sangat lancar untuk mengobrol dengan lawan bicaranya, jadi kenapa tidak kita bayangkan saja ketika menulis kita sedang mengobrol dengan pembaca.
  4. Rajin membaca. Dengan gemar membaca, manfaat yang kita dapatkan sangat banyak. Mulai dari tabungan kosakata yang semakin banyak, dan gaya bahasa yang semakin fleksibel.
  5. Gaya bahasa dan tulisan. Nah untuk yang satu ini, sesuaikan dengan konten blog kawan. Gaya bahasa harus sesuai dengan apa yang kamu bahas dan tema apa yang blog kamu usung. Tulisan jangan sampai menyulitkan pembaca, upayakan singkat.
  6. Nah kalo udah dibaca semuanya, langkah terakhir adalah. Berdoa, dan kemudian menulislah!
Sekian dulu tips cara menulis blog dari saya. salam blogger jombang.

Sumber: Thanks buat Mas Wikupedia dan Mbak Dian Ara dari RuangFreelanceDotCom.

Comments

  1. pernah saya buntu ide plus rasa malas utk menulis, akhirnya cuma nembak2 keyword yg lagi trending, yaa ada gunanya sih traffic meningkat, tapi pengunjung saya pada bosan dan merasa protes krn saya cuman nembak keyword aja, ehehehe :D

    ReplyDelete
  2. iya nih, kadang2 memang agak sulit mencari inspirasi buat nulis blog...

    ReplyDelete
  3. @Ladida: tpi dah keren om blognya, dah bnyak pengunjung tetapnya...

    @YMN: Tetap semangat nulis om...

    ReplyDelete
  4. Kadang ide itu muncul pas kita ada di menu New Post. Tulis aja beberapa kata biasanya ide langsung mengalir..

    ReplyDelete
  5. makasih tips nya om, sering2 bagi tips jga ya...

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah aku sekarang sudah berkonsistensi untuk posting artikel di blog tiap hari :D

    ReplyDelete
  7. menulis sesuka hati :D

    ReplyDelete
  8. kadang takut klo artikel yg kita ketik sepi komen

    ReplyDelete
  9. awalnya blogwalking aja kawan, klo emang tulisan kmu menarik, bakalan dapet pembaca setia dah...

    ReplyDelete
  10. yang pasti jangan rajin kopas :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?