Presentation Integration Model

Latar belakang

Ketika terminal digantikan oleh PC, harapan pengguna juga ikut berubah. PC kemudian mengembangkan antarmuka pengguna grafis (GUI) dengan memperbaiki akses terhadap aplikasi yang ada. Kebutuhan untuk meningkatkan akses termasuk kemampuan untuk mengintegrasikan beberapa aplikasi serta menambah logika bisnis yang terkait dengan manajemen antarmuka, seperti validasi, pengecekan error, dan perhitungan. Dengan presentasi kita mengacu kepada antarmuka pengguna yang memberikan akses ke aplikasi.

Model integrasi presentasi ini berdasarkan pada konsep bagaimana mengakses aplikasi warisan melalui logika presentasi yang ada. Hal ini memungkinkan antarmuka pengguna yang baru untuk dikembangkan dengan remapping presentasi yang sudah ada sebelumnya. Bagaimanapun setiap interaksi pengguna, jelas masih perlu gambaran ke presentasi yang lama untuk berintegrasi. Hal ini memungkinkan penggunaan integrasi dengan aplikasi lain dengan baik, namun terbatas pada tindakan apa yang mungkin terjadi melalui antarmuka pengguna yang ada.

Gambar 2.1 menunjukkan model presentasi integrasi di mana umumnya presentasi dibangun dari presentasi yang sudah ada dari dua aplikasi yang berbeda. Screen scraping merupakan teknologi yang populer untuk mengintegrasikan sistem didalam model ini. Screen scraping memungkinkan programmer untuk mengakses presentasi warisan dan juga menggunakan teknologi baru untuk membuat antarmuka pengguna grafis.

Kita menggunakan model integrasi presentasi ketika:
  • Posisikan PC berbasis user interface pada aplikasi berbasis terminal yang ada untuk menyediakan aplikasi yang lebih mudah digunakan oleh pengguna
  • Menampilkan antarmuka yang membuat pengguna merasa bahwa aplikasi tersebut adalah tunggal namun, pada kenyataannya, komposit
  • Terintagrasi dengan aplikasi yang hanya berguna dan dengan titik integrasi yang dapat diterapkan melalui presentasi
Bentuk integrasi ini hanya berguna jika integrasi dapat diselesaikan menggunakan antarmuka pengguna atau tingkat presentasi dari aplikasi warisan. Integrasi jenis ini biasanya berorientasi pada antarmuka teks seperti pada antarmuka IBM 3270 atau VT 100. Contoh di mana model integrasi presentasi paling baik diterapkan adalah sebagai berikut:
  • Menyediakan antarmuka Microsoft Windows ke aplikasi mainframe
  • Menyediakan antarmuka HTML yang seragam untuk SAP R / 3 dan aplikasi mainframe
  • Menyediakan antarmuka berbasis Java yang seragam untuk beberapa aplikasi mainframe

Pada contoh pertama, integrasi tersebut ringan. Ini hanya mencakup integrasi dari mainframe ke aplikasi Windows. Contoh kedua dan ketiga membutuhkan tambahan logika integrasi untuk mereka gabungkan antara fungsi dan data melalui dua aplikasi. bentuk integrasi ini telah sukses karena dapat diterapkan dengan cepat untuk memecahkan jenis tertentu dari masalah integrasi. Ini merupakan bentuk sederhana dari integrasi yang memerlukan keahlian yang terbatas di alat integrasi, dan oleh karenanya hal itu juga memiliki biaya yang lebih rendah untuk mengimplementasikan. Penggunaan kembali antar aplikasi terbatas, dan bagaimanapun, fitur dan fungsi ada dalam jumlah terbatas. Sebagai contoh, integrasi presentasi dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan mengurangi kompleksitas dari pengaksesan beberapa aplikasi.

Pro dan Kontra

Presentasi integrasi sangat mudah untuk diselesaikan dan dapat dilakukan relatif lebih cepat. Logika presentasi biasanya kurang kompleks baik dari data maupun logika fungsionalnya karena dapat terlihat, , dan biasanya didokumentasikan dengan baik atau self-describing. Ketika suatu alat mau menggunakan integrasi ini bekerja dengan baik mereka melakukan sebagian besar pekerjaan penting untuk membuat integrasi. Pengembang berfokus pada pembangunan presentasi baru.

Di sisi lain, integrasi presentasi hanya terjadi di tingkat antarmuka pengguna. Oleh karena itu, hanya data dan interaksi yang didefinisikan dalam presentasi warisan yang dapat diakses. Selain itu, integrasi presentasi dapat memiliki hambatan kinerja karena hal itu menambah extra layer untuk perangkat lunak ke aplikasi yang sudah ada. Data yang mendasarinya dan logika dari aplikasi yang ada jadi tidak dapat diakses.

Model integrasi presentasi adalahmodel yang paling terbatas dari tiga model yang ada. Integrasi berlangsung di presentasi dan bukan di interkoneksi antara aplikasi dan data.

Comments