Wuih...Google PageRank ane 1

Ups...sebelumnya jangan kaget ya sob...
soalnya penantian bwt dapet pagerank 1 aja lama banget..Udah sejak kelas 2 SMA nge-blog, gonta-ganti alamat sampai akhirnya berlabuh di beritabangsa. Dan baru pada saat menginjak tahun ke dua kuliah, angka 1 dan warna hijau menghiasi bar dengen title Rank dsebelah kirinya...
1 dari maksimal rank 10 dah berarti buat saya tentunya.
PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.
sampai2 saya share d FB (sekarang dah ga FB-an lagi, dah q nonaktifin).
waktu itu saya masih ingat, jumlah post saya 30 lebih, tapi setelah mencapai 50-an, hampir sepuluh post yang emang uplug2 (gejhe) buat di tampilkan saya hapus.

Semenjak kuliah ini pun saya mulai untuk giat ngeblog...dan moga ja ada manfaat yang berarti dari nge-blog ini...

info tentang konsep kerja Google Pagerank ini adalah:
Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.
PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Comments

  1. blogku kapan ya dapat giliran?? (Ngeblog baru kemarin udah ngarep page rank tinggi...hahahaha....)

    ReplyDelete
  2. bisa cepet asal kamu juga cepet dan banyak bwt posting nya, yg paling penting banyakin post yang asli bwatan kamu...sering2 follow dan komen ke blog laen, biar kamu juga dapat kunjungan balik...
    :)

    ReplyDelete
  3. Kalangkong infonya, Mas... Sangat membantu saya, blogger pemula...

    ReplyDelete
  4. sami2...saya jga pemula kok, dah ngeblog dari dulu, tapi aktif jga baru2 ini... alamat link blog pean mana???

    ReplyDelete
  5. Wah terus terang widget google pagerank saya belum mengerti betul...asal templek aja :) , makasih ya sob infonya :)

    ReplyDelete
  6. @mila: tapi saya lihat kok dblog mbak dah bener tuh kayaknya...

    bwt dapatin link popularity gmana mbak, soalnya lihat stat mbak ada...

    ReplyDelete
  7. sudah tampak kayaknya link blog saya...tadi belum di setting...hehe...

    ReplyDelete
  8. he'eh...BTW, saya mw aktif lagi nih d plat-M, bisa gk ya???

    ReplyDelete
  9. wooww...keren ya...seneng pastinya *mupeng*

    ReplyDelete
  10. @virgie:tentu, yang terupdate sekarang udah 2, nih postnya...
    http://beritabangsa.blogspot.com/2011/01/horreeegoogle-pagerank-nambah-satu.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu apa?