UTM (Universitas Trunojoyo Madura)

Dipertengahan tahun 2011 ini biasanya merupakan tahun dimana lulusan SMA berlomba-lomba untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit mereka, diantara mereka ada yang belajar mengikuti SNMPTN tulis, ada yang sudah merasa puas dengan diterimanya mereka melalui jalur undangan, ada pula yang rela bayar mahal demi masuk ke PTN favorit.

Bila kalian bermaksud untuk masuk ke PTN Universitas Trunojoyo Madura (UTM), maka kalian berada diberita yang benar, disini saya akan memberikan informasi seputar kampus dan kehidupan disekitarnya.

Ya, UTM terletak di Madura tepatnya di Desa Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, dan merupakan PTN ke-7 di Jawa Timur. UTM berdiri pada tanggal 23 Juli 2001 dan diresmikan oleh bapak Presiden waktu itu, GusDur. Sebelumnya UTM diresmikan, namanya adalah Universitas Bangkalan (UniBang).

Gambaran kampus secara fisik memang belum terlalu mewah, namun jika melihat perkembangan pembangunan gedung yang begitu pesat, tidak akan lama lagi UTM bisa menjadi salah satu kebanggan masyarakat madura, dan juga membuat mahasiswanya jauh lebih bangga lagi. Tampak dari depan bangunan tua masih berdiri, namun pembangunan di areal belakang kampus yang tak tersentuh oleh mata yang hanya melihat sepintas, bisa menggambarkan betapa visi kedepan UTM yang serius mewujudkan masterplan dari UTM kedepan.

Di UTM sendiri saat ini terdapat 5 Fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Fisib. Prodi yang ada saat ini adalah:

UTM (Universitas Trunojoyo Madura
No.
Program Studi

1.
AGRIBISNIS

2.
AGROEKOTEKNOLOGI

3.
AKUNTANSI

4.
EKONOMI PEMBANGUNAN

5.
EKONOMI SYARIAH

6.
HUKUM BISNIS SYARIAH

7.
ILMU HUKUM

8.
ILMU KELAUTAN

9.
ILMU KOMUNIKASI

10.
MANAJEMEN

11.
PGSD

12.
PSIKOLOGI

13.
SASTRA INGGRIS

14.
SOSIOLOGI

15.
TEKNIK INDUSTRI

16.
TEKNIK INFORMATIKA

17.
TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Fasilitas tiap prodi di UTM tidaklah kalah dengan PTN lain, selain itu tenaga pengajar yang juga profesional menjadikan suasana belajar yang baik. Di UTM juga memiliki berbagai macam kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Disini saya juga akan memberikan sedikit gambaran kehidupan disekitar kampus. Untuk tempat tinggal mahasiswa sendiri, di daerah sekitar kampus sangat banyak kos dan rumah yang bisa dikontrak, namun sangat sedikit pilihan buat memenuhi kebutuhan perut, toko yang ada juga tidak terlalu lengkap. Ada area yang mungkin sangat lengkap dalam memnuhi kebutuhan mahasiswa sehari-hari namun letaknya sangat jauh dari kampus, sekitar 10 menit perjalanan, yaitu di daerah PERUMNAS.

Buat teman-teman yang ingin melanjutkan studi, selalu waspada dalam menjaga barang-barang, karena rawan kehilangan.



Gedung GSC
Gazebo
RKB

Comments

Post a Comment

Komentar kamu apa?